A SING TEDx TALKS TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY AT ENGLISH DEPARTEMENT OF IAIN PAREPARE
Abstrak
TED adalah serangkaian pembicaraan informatif, mendidik, inspiratif dan kadang-kadang menakjubkan yang menampilkan 'Ide-Ide yang Layak Disebarkan'. TED Talks merupakan platform digital yang dapat diakses oleh semua kalangan untuk mendapatkan informasi atau hiburan. TED Talks adalah saluran YouTube yang berisi pidato motivasi. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan video TED Talks dalam hal Kefasihan pada mahasiswa jurusan Bahasa Inggris semester 4 IAIN Parepare. Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 59 mahasiswa semester 4 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas C semester 4 yang berjumlah 15 siswa yang diambil berdasarkan purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test and post-test design. Dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan yaitu pre-test, treatment dan post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes. Penghitungan data pada penelitian ini menggunakan analisis data otomatis pada Microsoft Excel dan data manual menggunakan rumus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TED Talks sebagai media pembelajaran siswa dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dari segi kefasihan. Hal ini dibuktikan nilai t-hitung pada kelancaran (3,62) lebih tinggi dari nilai t-hitung tabel (1,761). Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa setelah mendapat perlakuan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Jadi hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kata Kunci: TED Talks, Keterampilan Berbicara.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-04-28
##submission.howToCite##
ayu, lestari, Arqam, & Asni, Y. (2024). A SING TEDx TALKS TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY AT ENGLISH DEPARTEMENT OF IAIN PAREPARE. Elstic : English Language Linguistics Culture, 3(2), 119-130. https://doi.org/10.24252/elstic-ij.v3i2.41606
Bagian
Volume 3, Number 02, August 2023
Copyright Notice
An author who publishes in ELSTIC-IJ JOURNAL agrees to the following terms:
An author who publishes in ELSTIC-IJ JOURNAL agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).