ENGAGING LEARNERS IN WRITING PROCEDURE TEXT: HARNESSING THE POWER OF DO IT YOURSELF (DIY) VIDEOS AT IAIN PALOPO

HARNESSING THE POWER OF DO IT YOURSELF (DIY) VIDEOS AT IAIN PALOPO

  • Andi Husni A. Zainuddin State Islamic Institute of Palopo
    (ID)
  • Abdul Pirol State Islamic Institute of Palopo
    (ID)
  • Rusdiansyah Rusdiansyah State Islamic Institute of Palopo
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah video Do It Yourself efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis dalam teks prosedur pada semester kedua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Palopo. Penelitian ini mengadopsi metode pra-eksperimental. Sampel terdiri dari tiga puluh mahasiswa. Video Do It Yourself digunakan sebagai media dalam penelitian ini. Peneliti mengumpulkan data melalui pre-test, perlakuan, dan post-test. Edisi SPSS 22 digunakan untuk melakukan analisis statistik pada data. Penelitian ini mengungkapkan bahwa skor post-test rata-rata lebih tinggi daripada pre-test (47,80 < 81,36). Selain itu, nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel. Hasil skor mahasiswa pada post-test menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan tes yang bertentangan, yang menggambarkan efektivitas perlakuan dalam membantu pembelajar meningkatkan keterampilan menulis mereka. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan video Do It Yourself secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa, terutama dalam menulis teks prosedur. Penelitian ini sangat menekankan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti penggunaan video DIY untuk berbagai keterampilan secara kreatif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-04-30
Bagian
Volume 4, Number 01, April 2024
Abstrak viewed = 102 times