ENGAGING LEARNERS IN WRITING PROCEDURE TEXT: HARNESSING THE POWER OF DO IT YOURSELF (DIY) VIDEOS AT IAIN PALOPO
HARNESSING THE POWER OF DO IT YOURSELF (DIY) VIDEOS AT IAIN PALOPO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah video Do It Yourself efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis dalam teks prosedur pada semester kedua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Palopo. Penelitian ini mengadopsi metode pra-eksperimental. Sampel terdiri dari tiga puluh mahasiswa. Video Do It Yourself digunakan sebagai media dalam penelitian ini. Peneliti mengumpulkan data melalui pre-test, perlakuan, dan post-test. Edisi SPSS 22 digunakan untuk melakukan analisis statistik pada data. Penelitian ini mengungkapkan bahwa skor post-test rata-rata lebih tinggi daripada pre-test (47,80 < 81,36). Selain itu, nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel. Hasil skor mahasiswa pada post-test menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan tes yang bertentangan, yang menggambarkan efektivitas perlakuan dalam membantu pembelajar meningkatkan keterampilan menulis mereka. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan video Do It Yourself secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa, terutama dalam menulis teks prosedur. Penelitian ini sangat menekankan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti penggunaan video DIY untuk berbagai keterampilan secara kreatif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
An author who publishes in ELSTIC-IJ JOURNAL agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).