Bahasa Inggris

  • St. Hartina M.Pd. IAIN Palopo
    (ID)
  • Bahasa Ingggris IAIN Palopo
    (ID)
  • Sahraini IAIN Palopo
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dan penyebabnya dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa sebuah kelas di sebuah sekolah menengah atas di Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan tiga kesulitan umum yang dialami siswa dalam menulis teks deskriptif, antara lain 1) kesulitan mengikuti struktur generik teks deskriptif; 2) kesulitan menggunakan ciri kebahasaan, dan 3) penyalahgunaan mekanisme penulisan. Kesulitan-kesulitan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain 1) siswa kurang dalam latihan menulis, 2) kurangnya ide menulis, 3) kurangnya penguasaan kosa kata, 4) kurangnya motivasi dalam belajar bahasa Inggris. Disarankan agar menulis teks deskriptif harus dipelajari dan diajarkan secara intensif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-05-16
Bagian
Volume 4, Number 01, April 2024
Abstrak viewed = 94 times