THE STUDENTS’ MOTIVATION IN STUDYING ENGLISH AT SMPN 5 LEMBANG PINRANG

  • Indah Fitriani Institut Agama Islam Negeri Parepare
    (ID)
  • Kalsum Kalsum Institut Agama Islam Negeri Parepare
    (ID)
  • Ahmed Sardi STKIP Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang
    (ID)

Abstrak

Motivasi merupakan salah satu faktor untuk menunjang proses pembelajaran bahasa Inggris. Motivasi dalam belajar dapat dibagi menjadi dua kategori: motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Dimana motivasi merupakan salah satu hal yang sangat signif dalam proses pembelajaran. Tanpa motivasi, tujuan belajar sulit dicapai. Ketika peserta didik memiliki itu dalam proses pembelajaran, mereka menang lebih mengerti dengan materi, terutama bahasa Inggris. Akhirnya, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis motivasi yang dominan dalam belajar bahasa Inggris di SMPN 5 Lembang. Desain penelitian penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 5 Lembang, sedangkan sampel penelitian ini diambil 39. Setelah penelitian dilakukan, ditemukan bahwa motivasi intrinsik memiliki skor 48% dan motivasi ekstrinsik memiliki skor 52%. Setelah itu ditemukan skor motivasi intrinsik dan ekstrinsik.  Dari perhitungan skor siswa, jenis motivasi yang dominan dalam belajar bahasa Inggris adalah motivasi ekstrinsik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-04-30
Bagian
Volume 4, Number 01, April 2024
Abstrak viewed = 130 times