THE STUDENTS’ MOTIVATION IN STUDYING ENGLISH AT SMPN 5 LEMBANG PINRANG
Abstrak
Motivasi merupakan salah satu faktor untuk menunjang proses pembelajaran bahasa Inggris. Motivasi dalam belajar dapat dibagi menjadi dua kategori: motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Dimana motivasi merupakan salah satu hal yang sangat signif dalam proses pembelajaran. Tanpa motivasi, tujuan belajar sulit dicapai. Ketika peserta didik memiliki itu dalam proses pembelajaran, mereka menang lebih mengerti dengan materi, terutama bahasa Inggris. Akhirnya, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis motivasi yang dominan dalam belajar bahasa Inggris di SMPN 5 Lembang. Desain penelitian penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 5 Lembang, sedangkan sampel penelitian ini diambil 39. Setelah penelitian dilakukan, ditemukan bahwa motivasi intrinsik memiliki skor 48% dan motivasi ekstrinsik memiliki skor 52%. Setelah itu ditemukan skor motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Dari perhitungan skor siswa, jenis motivasi yang dominan dalam belajar bahasa Inggris adalah motivasi ekstrinsik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
An author who publishes in ELSTIC-IJ JOURNAL agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).