Pengujian beberapa konsentrasi pupuk organik cair dari limbah sayuran terhadap pertumbuhan krisan (Chrysanthemum morifolium)

  • Siti Fatima Prodi Biologi, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baiq Farhatul Wahidah Prodi Biologi, UIN Walisongo Semarang
    (ID)
  • Nurlailah Mappanganro Prodi Agribisnis, Universitas Islam Al-Azhar Mataram
    (ID)
  • Isna Rasdianah Aziz Prodi Biologi, UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tanaman Krisan (Chrysanthemum morifolium) merupakan tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Pupuk organik cair dari limbah organik mengandung unsur hara cukup tinggi berpotensi dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi pupuk organik cair yang terbaik dari limbah sayur terhadap pertumbuhan krisan. Desain yang digunakan adalah Rangcangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor dengan 6 perlakuan dan 4 kali ulangan sehingga terdapat 24 unit dalam ulangan percobaan. Perlakuan pupuk cair berupa 0 ml (K0), 5 ml (K1), 10 ml (K2), 15 ml (K3), 20 ml (K4), dan 25 ml (K5). Parameter pertumbuhan yang diamati adalah tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), dan panjang daun (cm). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANOVA One-way dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk organik cair dengan konsentrasi 15 ml/L air menghasilkan tanaman tertinggi dan konsentrasi 5 ml/L air (K1) menghasilkan jumlah daun terbanyak.

Published
2021-04-08
How to Cite
Fatima, S., Wahidah, B. F., Mappanganro, N., & Aziz, I. R. (2021). Pengujian beberapa konsentrasi pupuk organik cair dari limbah sayuran terhadap pertumbuhan krisan (Chrysanthemum morifolium). Filogeni: Jurnal Mahasiswa Biologi, 1(1), 12-18. https://doi.org/10.24252/filogeni.v1i1.20550
Section
Artikel Penelitian
Abstract viewed = 600 times