PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQHI DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA MA DARUSSALAM BARANDASI KABUPATEN MAROS

  • Muliana MA Darussalam Barandasi
    (ID)
Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar Peserta Didik, Konstruktivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fiqhi siswa kelas XI MIA yang diajar melalui model pembelajaran konstruktivis. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada 2, yaitu: Bagaimanakah penggunaan pendekatan konstruktivis pada konsep dapat meningkatkan aktivitas belajar Fiqhi siswa kelas XI MIA MA Darussalam Barandasi? Dan Bagaimanakah penggunaan pendekatan konstruktivis pada dapat meningkatkan hasil belajar Fiqhi siswa kelas XI Mia MA Darussalam Barandasi? Dari hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata hasil belajar setiap siklus, yaitu pada siklus I rata-rata nilai 60,00 dan pada sikus II rata-rata nilai 79,32. Demikian pula dengan aktivitas belajar siswa yang semakin meningkat di tiap siklus.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian “Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Darsono, Max, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : CV. IKIP Semarang Press.

Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta. Sinar grafia.

Halide, Sitti hajar. 2007. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada peserta didik kelas XI IPA SMA DDI Maros. Skripsi. STKIP YAPIM Maros.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara. Hudoyo, Herman. 1990. Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Hurlock, Elizabeth. 1990. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga.

Karli, H., Sri Yuliariatiningsih M. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Bina Media Informasi.

Nurkancana, Wayan, PPN. Sunartana. 1986. Evaluasi Hasil Belajar, Surabaya: Usaha Nasional.

Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan 2003. Kegiatan Belajar Mengajar yang efektif. Jakarta: Depdiknas

Pedoman Penulisan Skripsi Perguruan tinggi Yapim, 2007, Pusat Penerbitan Perguruan tinggi Yapim.

Ruhendi. 2004. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : CV. Remaja Karya

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Sekaewinahyu. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

Slameto, 1991, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sopah, Djamaah. 2000. Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar, Jurnal Pendidikan dan kebudayaan. No. 022 halaman 121-137. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana. 1989. Penelitian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

. 2003 Penilaian Hasil Belajar, Bandung. PT, Remaja Rosdakarya.

Sutrisno, dkk. 2007. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk SMK kelas X. Yudhistira: Bogor.

Published
2021-01-28
Section
Vol. 1 No. 1
Abstract viewed = 37 times