PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AL - QURAN HADIS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH DDI TAQWA PARE-PARE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar Al-Quran Hadis melalui penggunaan media audio visual di kelas IV MI DDI TAQWA Kota Parepare. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI DDI TAQWA Kota Parepare. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar Al-Quran Hadis. Penelitian ini dilaksanakan daam tiga siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dari hasil tes belajar. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pesrrta didik yang diajar dengan media audio visual di keas IV MI DDI Taqwa Kota Parepare mengalami peningkatan di setiap siklusnya yaitu pada siklus I ketuntasan sebesar 40% kemudian siklus II sebesar 60% dan pada siklus ketiga 93,3% tingkat ketuntasan.Hal ini menunjukkan bahwa media audio visual efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar di MI DDI Taqwa kota Parepare.
References
Ampel, Sunan. 2012. Metode Penelitian. http://digilib.sunan.ampel.ac.id/files/disk1/168/jipitain-yaniesnury-8366-bab-iii.pdf. Diakses 13 Agustus 2013
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jafar. 2007. Evaluasi Program Pendidikan dan Pedoman Teoritis Praktis bagi Pradiksi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Bitstream. 2011. Pengertian Efektivitas. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/29153/3/Chapter52011.pdf. Diakses 12 April 2013.
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonasia. Jakarta: Balai Pustaka
Mas’ud Badolo, 2012. Pedomandan Teknik Penulisan Skripsi. Parepare.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar Dua Aspek dari Suatu Proses yang Disebut Pendidikan. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Samsudin. 2008 .Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sd/MI. Jakarta: Litera Prenada Media Group.
Sudjana, Nana, 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung PT. Remaja
Rosda Karya Yovan, P. 2008. Memoridan Pembelajaran Efektif. Jakarta: Yrama Widya
Prof.Nasution.M.a. 2005. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual. Jakarta; Bumi Aksara
Rudi Bretz: 1971. Mengklasifikasikan Media berdasarkan unsure pokoknya. Cat. IV. Bandung; Humaniora TB.
Wahyudi 1988. Pembelajaran Penggunaan Media Audio Visual Berbentuk VCD. Bandung; Humaniora.
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara
Copyright (c) 2021 Umrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.