PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH AL-FIL MELALUI METODE DRILL PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 50 JALING KABUPATEN BONE

  • Ma’ruf Hidayat SD Negeri 50 Jaling
    (ID)
Keywords: Peningkatan, Menghafal Al-Qur’an, Hafalan siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach) yang dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menghafal surah Al-Fil pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperbaiki metode dalam proses pembelajaran, diharapkan pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan menghafal peserta didik.Berdasarkan hasil pengamatan di SD Negeri 50 Jaling, ditemui beberapa gejala seperti 9 peserta didik, hanya 4 peserta didik atau sekitar 44% yang memperoleh nilai di atas KKM. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode Drill dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surah al-Fil pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas IV SD Negeri 50 Jaling. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi yang dilakukan oleh observer dan lembar instrumen yang dijawab oleh peserta didik kemudian obyek penelitian ini adalah peserta didik dikelas IV SD Negri50 Jaling yang berjumlah 9 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap siklus I, II dan III Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 50 Jaling, Kabupaten Bone pada semester Genap tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah peserta didik sebanyak 9 orang. Hasil penelitian pelaksanaan menghafal surah pendek pada siklus I tergolong cukup, dengan jumlah nilai pada hasil belajar rata-rata 69,55%. Kemudian diadakan perbaikan pada siklus II dengan perolehan nilai rata-rata 73,51%. sudah tergolong baik atau meningkat, selanjutnya diadakan perbaikan kembali pada Siklus III dengan perolehan nilai rata-rata 82,95%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan metode Drill sangat tepat digunakan dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

References

Abdulhak, Pengembang Model CTL (Jakarta: Rajawali Press, 2001), h. 23. Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), h. 3.

Arikunto, Manajemen Penelitian (Jakarta:Rineka Cipta: 2000), h. 134.

Safrudin, Pemikiran Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara), h. 115.

Matlin, Faktor Pendukung Kemampuan Menghafal Al-Qur’an (Semarang: 2008),h. 14.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008),h. 77.

Muhibinsyah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Semarang: CV. WidyaKarya), h. 232.

Nana sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algesindo,1995), h. 86.

Roestiyah NK, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Bina Aksara, 1985), h. 125.

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran (Bandung: Alfabeta, 2009), h. 01.

Suharso dan Ana Retnoningsih, Kamus Besar Bahasa Indonesia, h. 232.

Pengajar Penelitian Pendidikan UNY, Penelitian Tindakan Kelas (Yogyakarta,1998), h.9

Umiarso, Pendidikan Islam dan Krisis Moralisme (Yogyakarta: Ircisod, 2010), h. 109.

Zuharini, Metodik Khusus Pendidikan Agama (Surabaya: Usaha Nasional

Published
2021-01-28
Section
Vol. 1 No. 1
Abstract viewed = 47 times