MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATA PELAJARAN QURAN HADIS KELAS XI MA DARUL I'TISHAM EMBO
Abstract
Sesuai dengan permasalahan penelitian ini bertujuan untuk: Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode Pembelajaran Inquiri. Dan Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Inquiri. Tempat penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di MA Darul I'tisham Embo Kabupaten Jeneponto. Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran inquiri memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 68,18%, 75%, dan 83,3%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan. Penerapan metode pembelajaran inquiri mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode metode pembelajaran inquiri sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.
References
Abu, Ahmadi dan Prasetyo. (2005). SGM Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
A. M. Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, Suharsimi; Suharjono dan Supardi (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dradjat, Zakiah. (2004). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Hendro. (2010). Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosda Karya.
Mulyasa. (2010). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya. Parwat dkk (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina dan Budimanjaya, Andi. (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana.
Uno, Hamzah B dan Mohammad, Nurdin. (2017). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Basyiruddin. (2002). Metodologi Pembelajan Agama Islam. Jakarta Selatan: Ciputat Press.
Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Wahab, Abdul Aziz (2009). Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2021 Isrianty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.