PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS V MI NASRUL HAQ MAKASSAR

  • Andi Wildani Madrasah Ibtidaiyah Nasrul Haq Makassar
    (ID)
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran PRoblem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas V MI. Nasrul Haq Makassar. Siklus I, siklus II dan siklus III dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada akhir tiap siklus. Adapun observasi dilakukan setiap proses pembelajaran berlamngsung. Hasil yang diperoleh dari analisis kualitatif adalah terjadi perubahan sikap yaitu menambah keaktifan peserta didik dalam belajar serta menjadikan pembelajarean sebagai pengalaman belajar yang bermakna. Selain itu, semangat peserta didik untuk mengerjakan soal-soal semakin meningkat. Adapun hasil yang diperoleh dari analisis kuantitatif adalah terjadi peningkatan hasil belajar IPS peserta didik kelas V MI. Nasrul Haq pada tindakan siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 72. Peserta yang memperoleh skor 75 keatas dan dinyatakan tuntas adalah 5 orang peserta didik atau 27,77%. Sedangkan sisanya sebanyak 13 orang peserta didik atau 72,22% memperoleh skor dibawah 75 dinyatakan belum tuntas. Pada tindakan siklus ke II mengalami peningkatan dimana peserta didik sebanyak 13 orang dinyatakan tuntas atau 72,22% dan masih tersinya 5 orang peserta didik yang belum tuntas atau 27,77%. Pada tindakan siklus III sebanyak 17 peserta didik dinyatakan tuntas atau 94,44 dan masih tersisa 1 orang yang dinyatak tidak tuntas atau 5,55%. Ini berarti target yang ingin dicapai sebanyak 85% nilai ketuntasan telah terpenuhi sehingga, tindakan berhenti pada siklus III. Dari hasil analisis diatas, maka dapat disimpulkan bahwa bila diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik.

References

Ariesta,Freddy Widya. (2018) Pengembangan media komik berbasis masalah untuk peningkatan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar.Jurrnal Ilmiah Pendidikan Dasar.III(1): 22-24. Diakses dari Universitas Negeri Semarang.
Taniredja,Tukiran. (2010) Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta
Sudijono,Anas. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Hamid, Hasan. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan.
Kurniasih, Imas. (2014). Strategi-Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Rosidah, Cholifah Tur. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuh Kembangkan Higher Order Thingking Skill Siswa Sekolah Dasar.Jurnal inventa,II(1): 65-70.Diakses dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Yamin, Martinis. (2013).Strategi dan Model Iovasi Pembelajaran.Jakarta: Gaung Persada
Harianto,Warsono. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sani, Berlin. (2014). Impelementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Jakarta: Kata Pena
Setyaningrum. (2018). Peningktan Hasil Belajar.Jurnal Rised Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2):100-105. Diakses Dari Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indosnesia.
Published
2021-07-31
Section
Vol. 1 No. 2
Abstract viewed = 29 times