PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING KELAS V MI WAKADIA KABUPATEN MUNA

  • Fatman Madrasah Ibtidaiyah Wakadia Kabupaten Muna
    (ID)
Keywords: Minat belajar, Problem Based Learning, IPA

Abstract

Peningkatan minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPA menggunakan metode Problem Based Learning Kelas V MI Wakadia Kabupaten Muna Bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan minat belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas V MI Wakadia Kabupaten Muna. (2) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada Muatan Terpadu Ilmu Pengetahuan Alam  Kelas V MI Wakadia Kabupaten Muna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning yaitu dengan Orientasi peserta didik pada masalah, Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas V tahun pelajaran 2021 / 2022 yang berjumlah 12 peserta didik.  peserta didik kelas V terdapat 3 peserta didik (25 %) termasuk dalam kategori sangat berminat, 7 peserta didik (58,33 %) termasuk kategori berminat, dan 2 peserta didik (16,67 %) termasuk kategori cukup berminat. Presentase jumlah peserta didik yang masuk dalam kategori cukup berminat adalah 100 % dan rata – rata skor minat belajar peserta didik kelas V adalah 85,08333.

References

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arikunto, Suharsimi. (1993). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Darajat, Zakiah. (1980). Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.
Hamalik, Oemar. (1982). Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Juhaya S Praja & Usman Efendi. (1984). Pengantar Psikologi. Bandung: Angkasa.
Leater Decroph D. & Aliance Croph. D. (1984). Psikologi Pendidikan, Terjemah Z. Kasijan.Surabaya: Bina Ilmu.
Muhibbin, Syah. (1997). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Karya
Muhibin, Syah. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.
Nasution. (1995). Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurkancana, Wayan. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Roestiyah. (1982). Masalah Pengajaran Suatu Sistem. Jakarta: Bina Aksara.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.
Samatowa, Usman. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Slameto. (1987). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Tan dalam Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Tan, Ibrahim dan Nur dalam Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
2021-07-31
Section
Vol. 1 No. 2
Abstract viewed = 23 times