MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PAI & BP DI SD NEGERI TIDUNG KOTA MAKASSAR

  • Muh. Rusyaidy Mas'udy SD Negeri Tidung
    (ID)
Keywords: Hasil belajar siswa, model pembelajaran Make A Match

Abstract

Salah satu komponen yang berpengaruh dalam pendidikan adalah proses pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan interaktif edukatif antara peserta didik dengan guru, peserta didik dengan lingkungan sekolah. Guru adalah salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran. Dalam proses pendidikan di sekolah, guru merupakan ujung tombak dalam dunia pendidikan, di dalam proses belajar-mengajar guru mempunyai tugas yang besar untuk mendorong siswa agar mampu memahami pada saat proses pembelajaran. Kondisi Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada kelas 5 di UPT SPF SD Negeri Tidung cenderung tidak menarik bagi siswa, hal ini disebabkan penggunaan metode ceramah yang lebih dominan sehingga hanya terjadi komunikasi satu arah. Melihat kondisi ini, maka penulis mencoba untuk melakukan inovasi pembelajaran dengan penggunaan Model Pembelajaran Make A Match. Sehingga didapatkan hasil secara bertahap terjadi peningkatan yang siknifkan.

References

Imam Suprayoga. (2001). Metodologi Penelitian Sosial Agama. Cet. I. Bandung: Remaja Rosdakarya
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Nana Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XIII. Jakarta: Rineka Cipta.
Shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Cet. V; Jakarta: Indeks.
Zainal Aqib, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Published
2021-07-31
Section
Vol. 1 No. 2
Abstract viewed = 66 times