PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS 4 UPTD SPF SDN 39 SERING KABUPATEN SOPPENG

  • Kasma SDN 39 Sering
    (ID)
Keywords: Motivasi Belajar, Media Audio-Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajarĀ  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui media audio visual pada peserta didik kelas IV SDN 39 Sering Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV UPTD SPF SDN 39 Sering Desa Sering Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I Observasi untuk siswa(12 % motivasi tinggi, 44 %cukup termotivasi dan 44 % kurang motivasi) dan Observasi untuk guru ( 47 % langkah penngunaan media masih kategori sedang, 53 % kategori kurang),siklus II Observasi siswa (75 % motivasi tinggi, 25 % cukup termotivasi dan 5% kurang termotivasi) dan Observasi Guru (80 % langkah penggunaan media kategori baik dan 20 % kategori sedang),siklus III Observasi siswa (94 % sangat termotivasi dan 6 % kurang termotivasi) dan Observasi Guru (100% langkah penggunaan media dalam kategori baik). Simpulan dari penelitian ini adalah media audio visual berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN 39 Sering Desa Sering Kabupaten Soppeng apabila dibarengi dengan langkah langkah penggunaan media yang benar, serta media audio visual ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

References

Ahmadi A, dan Rohani. (1995). Pengelolan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Al Arifin, Akhmad Hidayatullah. (2012) Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praksis Pendidikan di Indonesia. Jurnal. Universitas Nusa Cendana.
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azwan Zain, dan Djamarah. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Degeng, Nyoman Sudana. (1989). Ilmu Pembelajaran Taksonomi, Variabel. Jakarta: Depdikbud.
Departemen Pendidkan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia no.20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidkan Nasional Republik Indonesia.
Hashman, Ade. ( 2012). Rahasia Kesehatan rasulullah. Jakarta: PT Mizan Publika.
Haryanto. (1997). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Moedjiono, dan Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rima Wati, Ega. (2016). Kupas Tuntas Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Robbins, Stephen P. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.
Sadiman, Arif. (1996). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana.
Simandjuntak, dan Pasaribu. (1986). Didaktik dan Metodik. Bandung: Tarsito.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (1973). Media pengajaran. Surabaya: Pustaka Dua.
Sudjana, Nana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Cet 9; Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Syaiful Bahri, dan Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman, Basyiruddin dan Asnawi. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers
Wingkel, W.S. (2009). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Wena, Made. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2021-07-31
Section
Vol. 1 No. 2
Abstract viewed = 21 times