PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD PADA PESERTA DIDIK SDN 171 LOMPO BARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Alquran pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Type STAD pada peserta didik di SDN 171 Lompo Baru Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di SDN 171 Lompo Baru Kabupaten Soppeng dengan jumlah subjek sebanyak 12 peserta didik kelas IV. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Type STAD dan Instrumen penilaian unjuk kerja. Selanjutnya, teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data observasi dan penilaian unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian yang dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca dan menulis Alquran peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mengalami peningkatan dari siklus ke siklus secara signifikan melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Type STAD. Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type STAD dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Alquran peserta didik pada kelas IV SDN 171 Lompo Baru Kabupaten Soppeng.
References
Alim, Muhammad. (2006). Pendidikan Agama Islam: Remaja Rosda Karya.
Al-Nawawi. (2018) al-Tibyan Adab Membaca Al-Quran: Solo, al-Qowam.
ALVIONITA, W. (2019). Pengaruh Metode Qiro’ati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Ma’had Al-Jami’ah Aly Al-Fikri UIN Raden Fatah Palembang (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang). http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14405 diakses pada 23 Mei 2022.
Anggriana, T. M., & Trisnani, R. P. (2016). Kompetensi guru pendamping siswa ABK di sekolah dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol, 2, No. 2. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/702/713 diakses 23 Mei 2022.
Annawawi, Imam (2010) . Riyadh al-Shalihin, Semarang: Toha Putra.
Astuti, W., & Nugraheni, R. (2021). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/ihtimam/article/view/307/207 diakses pada 23 Mei 2022
DUREN, S. N. K. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas V. https://eprints.uny.ac.id/12986/-1/Skripsi%20Oky%20Wasrik%20Dwi%20Nugroho.pdf diakses pada 23 Mei 2022.
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model stad dalam meningkatkan hasil belajar siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual,1(1), http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/2 diakses pada 23 Mei 2022.
Humam, As’ad (2005), Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis, Yogyakarta : Balai Litbang LPTQ Nasional Tim Tadarus, AMM.
Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.
Karimah, S. (2017). Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 70-81. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/463/425 diakses pada 23 Mei 2022.
Kemampuan”. KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kemampuan diakses pada 23 Mei 2022.
Maksum, A., & Hani, U. (2018). Metode Pembinaan Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Dengan Media Kartu Kwartet Tajwid. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), http://jurnal.uinbanten-.ac.id/index.php/geneologi/article/download/820/681 diakses pada 23 Mei 2022.
Mardan. (2010). Alq-Qur’an Sebuah Pengantar. Tangerang: Sejahtera Kita.
MURDANI, S. (2020). Kemampuan Membaca Al-Quran Melalui Metode Tartil Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist Di Kelas V Mi Nurul Islam Gunung Sari Kabupaten Tanggamus (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/10910/1/skripsi%20cover-bab2.pdf diakses pada 23 Mei 2022
Nilawati, N. (2019). Strategi Guru Pai Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Di Mts Nu Nurul Huda Kaliwung Kudus (Doctoral dissertation, IAIN Kudus). http://repository.iainkudus.ac.id/5095/ diakses pada 23 Mei 2022.
Nuriana, N., & Hidayat, M. T. (2018). Tingkat Kecepatan Membaca Siswa Kelas Viii Smp It Tahfiz Al-Qur’an Wahyu Rizki Langsa. Jurnal Samudra Bahasa, 1(2), http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/JSB/article/view/1018 diakses pada 23 Mei 2022.
NURYANTA, N. (2021). Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mari Membaca Al-Qur’an Surat At-Tin Melalui Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Sungai Ambawang. Action: Jurnal Ialvionita, W. (2019). Pengaruh Metode Qiro’ati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Ma’had Al-Jami’ah Aly Al-Fikri Uin Raden Fatah Palembang (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).novasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 1(2) http://prosiding.uika-bogor.ac.id/index-.php/acmas/article/view/22 diakses pada 23 Mei 2022
Rozani, M. (2021). Metode Pengajaran Baca Al-Qur'an di Indonesia dalam Perspektif Pembelajaran Permulaan Bahasa Arab. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 19(2), https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/realita/article/download/3515/148 diakses pada 23 Mei 2022.
Sugiyono. Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Indonesia, Alfabeta, 2016.
Sumardi, A., Susanto, A., & Yulianto, S. (2020, October). Pengaruh Media Buku Saku untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Kelas X MAN 4 Jakarta. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1) https://jurnal-.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8779/5141 diakses pada 23 Mei 2022.
Copyright (c) 2021 Aisyah Nursyarif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.