PENGGUNAAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI QS. AN NAHL/16 AYAT 114 DI KELAS VIII SMPN 2 MAJAULENG
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi QS. An Nahl/16 ayat 114 melalui model pembelajaran Card Sort di Kelas VIII SMPN 2 Majauleng Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII sebanyak 12 orang, 5 orang laki – laki dan 7 orang perempuan. Instrumen yang digunakan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tertinggi pretest adalah 80 dan posttest adalah 100. Nilai terendah pretest adalah 20 dan posttest adalah 67. Nilai rata – rata pretest adalah 51,6 sedangkan nilai rata – rata posttest adalah 94,5. Kesimpulan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi QS. An Nahl/16 ayat 114 di kelas VIII SMPN 2 Majauleng.
References
Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara, 2008
Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Cet.7, bandung, Alfabeta, 2012
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009
Hamruni, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani, 2012
Hasan, M. Iqbal, Pokok-Pokok Materi Statistik I (Statistik Deskriptif), Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada,1999
Parlowati, Imelda, Penggunaan Metode Card Sort untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 6 Metro Barat Tahun Pelajaran 2019/2020, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMII), Tahun 2020
Warsono dan Hariyanto, Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen, Kedua Edition Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013
Copyright (c) 2022 Indah Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.