PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DENGAN MEDIA LKPD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH KELAS VII A MTs AL-HIDAYAH CANDIKUNING

  • Sidatun Fatonah MTs AL-Hidayah Candikuning
    (ID)
Keywords: Penerapan, Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahan dan hasil belajar peserta didik Kelas VII A MTs Al-hidayah candikuning baturiti Tabanan bali terhadap materi thaharah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas VII A MTs Al-hidayah candikuning baturiti Tabanan bali terhadap materi thaharah Aktifitas peserta didik selama pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan sebesar 61,9% pada siklus 1, pada siklus II menjadi 85,7% pada siklus III 100%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktifitas peserta didik dalam pembelajaran Fiqih materi thaharah di Kelas VII A MTs Al-hidayah candikuning baturiti Tabanan bali  Hasil belajar peserta didik Kelas VII A MTs Al-hidayah candikuning baturiti Tabanan bali  meningkat setelah menerapkan model Problem Based Learning (PBL), hal ini ditunjukkan pada siklus I jumlah peserta didik yang mendapat nilai 75 ke atas berjumlah 13 dari 21 orang peserta didik. Pada siklus II jumlah peserta didik yang mendapat nilai 75 ke atas meningkat menjadi 18 dari 21 orang peserta didik serta siklus III tuntas secara keseluruhan (21 orang). Sehingga ketuntasan klasikal mengalami peningkatan sebesar 50%, dari 50% pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus III. Berdasarkan prestasi belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Model Problem Based Learning (PBL), dapat meningkatkan prestasi belajar Fiqih materi thaharah di Kelas VII A MTs Al-hidayah candikuning baturiti Tabanan bali.

References

Binti Maunah. 2005. Pendidikan Kurikulum SD-MI. Surabaya: elKAF
Depdiknas.2003.Undang-undang Republik Indonesia no 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional. Jakarta Depdiknas.
Mulyasa,(2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Masnur Muslich.2011. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah (Classroom Research Action). Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Published
2022-01-31
Section
Vol. 2 No. 1
Abstract viewed = 71 times