PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE DRILL PADA ANAK KELOMPOK A RA THORIQOTUL FALAH DESA TALANGKEMBAR KECAMATAN MONTONG KAB TUBAN JAWA TIMUR

  • I’anatul Khoiriyah RA Thoriqotul Falah
    (ID)
Keywords: Anak Usia Dini, Metode Drill, Motoric Halus, Pendidik

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk memberi pemahaman bahwa melalui metode Drill dapat meningkatkan perkembangan motoric halus anak,karena melalui kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang akan memberikan pembiasaan terhadap perkembangan motorik anak usia dini.. fenomena kehidupan di zaman digitalisasi seperti sekarang ini memberi pengaruh terhadap berkurangnya kegiatan bermain anak yang melibatkan anggota tubuhnya secara aktif sebab anak cenderung lebih memilih bermain gadgetnya daripada melakukan permainan yang melibatkan motoriknya,sehingga perkembangan motoric halus maupun motoric kasar anak akan terhambat. Metode Drill yang digunakan merupakan kajian kepustakaan, dengan menggunakan analisis deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode Drill mampu memberi kontribusi dalam meningkatkan perkembangan motoric halus anak,menjadikan anak lebih inovatif,kreatif, kolaboratif,serta kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah sederhana. Metode Drill akan memiliki dampak positif bagi perkembangan motoric halus anak jika dilakukan dengan pola yang terencana dan terarah oleh pendidik. Proses penerapan metode Drill untuk menigkatkan motoric halus anak dengan cara memberi kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan perkembangan motoric halusnya, dengan demikian anak mampu mengembangkan keterampilanya secara optimal.

References

Agus Wijaya,2005. Mengajar Dengan Pakem (Online ), (http:groups.Yahoo.com/group//diakses 8 Oktober 2021 )
Hurlock,1999.( online)(https://www.e-jurnal.com.2014/01),diakses 8 Oktober 2021
Kemdikbud.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2013,tentang Standart Nasional Pendidikan anak Usia Dini
Kemdikbud.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014,tentangKurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
Nuazizah Ajeng,dkk.2015.Jurnal Guru Pendidikan Anak Usia Dini ,Mengembangkan Motorik Halus Anak Melalui Pemanfaatan Media Daur Ulang
Roestiyah,2001.Pembelajaran Kontekstual.Bandung:Alfabeta
Samsudin,2008.Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak.Jakarta:Pranada Media Group
Sukardi,2005.Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Published
2022-01-31
Section
Vol. 2 No. 1
Abstract viewed = 31 times