PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS III MI AL HADDRAMAUT

  • Hasan MI AL Haddramaut Makassar
    (ID)
Keywords: Kemampuan Menulis, Media Gambar

Abstract

Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena kenyataan di lapangan sebagian besar peserta didik masih kurang memiliki kemampuan dalam menuangkan ide-ide atau gagasan yang dapat dituliskan pada sebuah karangan. Salah satu alternative untuk memecahkan masalah peserta didik tersebut adalah dilakukan kegiatan menulis karangan dengan mempergunakan media gambar. Melalui kegiatan ini peserta didik dilatih untuk mengekpresikan perasaan dan pikirannya sehingga dapat mengungkapkan ide-ide dan gagasan dalam bentuk menulis karangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media gambar untuk meningkatkan media gambar karangan kelas III MI Al Haddramaut. Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian kurt lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Al Haddramaut tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: terlihat bahwa rata-rata nilai peserta didik setiap siklus diperoleh siklus 1 (36), siklus II (67) dan siklus III (81) dengan nilai tertinggi siklus 1 (70), siklus II (85) dan siklus III (95). Peserta didik yang menulsi karangan melalui media gambarnya diatas KKM ditetapkan yaitu 70. Hal ini memberikan gambaran bahwa ada peningkatan menulis karangan peserta didik dari siklus I, II ke siklus III.

References

Briggs, Leslie J. 1977. Instructional Design,Educational Technology Publications Inc. New Jersey : Englewood Cliffs
Muslihudin. 2010. Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah. Bandung: Rizqi Press
National Education Association. 1969. Audiovisual Instruction Department, New Media and College Teaching. Washington, D.C. :NEA
Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press
Saadah, Siti dkk. 2003, Analisis Penagruh Return On Equity, Dividend Payout Ratio Dan Earning Growth Rate Terhadap Price to Book Value Ratio Di Bursa Efek Jakarta Pada Tahun 2001,Jurnal, Jakarta : Unika Atmajaya
Sadiman, Arif S. 1986. Media Pendidikan, pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali
Schramm. 1977. Media Pembelajaran. Artikel Pendidikan Indonesian. (Online):(http://www.infogue.com/viewstory/2011/01/08/pengertian_medi pembelaran_menurut_pakar_pendidikan/?url=http://zonainfosemua.blogsp ot.com/20/01/media-berasal-dari-bahasa-latin.html). Diakses pada 21 Mei 2022.
Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa Bandung: angkasa
Published
2022-01-31
Section
Vol. 2 No. 1
Abstract viewed = 16 times