PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS XI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN SIMULASI PHET PADA MATERI FLUIDA DINAMIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik kelas XI MIPA 2 MA NU Banat pada materi Fluida Dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas secara kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan simulasi PhET dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 MA NU Banat Kudus sebanyak 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi. Data pengamatan dianalisis secara deskriptif. Persentase ketercapaian ketuntasan belajar yaitu 81 dan tingkat ketuntasan belajar klasikal sebesar 81%. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik pada setiap aspek mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I, dan siklus II dengan target masing-masing aspek 81%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inquiry berbantuan aplikasi simulasi PhET dapat meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik.
References
Arifudin. (2021). Penggunaan Laboratorium Virtual PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. JIRA : Jurnal Inovasi dan Riset Akademik
Asrizal, A., Hendri, A., & Festiyed, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Mengintegrasikan Laboratorium Virtual dan Hots untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Peserta didik SMA Kelas XI. November, 49–57. https://doi.org/10.31227/osf.io/bknrf
Depdiknas. (2003). Kurikulum SMA 2004 Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta: Depdiknas.
Irma Yulia, Connie Connie, Eko Rusdianto. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu : Jurnal Kumparan FIsika.
Karso, dkk. (1993). Dasar-dasar Pendidikan MIPA. Jakarta : Depdikbud.
Nana. (2019). Upaya Peningkatan kemampuan Kognitif dan Komunikasi Ilmiah Peserta didik Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry. Cirebon: Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
N Nurlaila, L Lufri. (2021). The Effect of Guided Inquiry Learning Models using the Help of Student Activity Sheet on the Knowledge Competency of Students in Class XI of SMAN 1 Sungayay : Journal of Physics
Permendikbud No. 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Kurikulum 2013.
Rizal, A., Adam, R. I., & Susilawati, S. (2018). Pengembangan Laboratorium Virtual Fisika Osilasi. Jurnal Online Informatika, 3(1), 55. https://doi.org/10.15575/join.v3i1.140
Sarwi. (2013). Implementasi Model Eksperimen Gelombang Open Inquiry Untuk Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Mahapeserta didik Fisika. Semarang : Jurnal Pendiidkan Fisika Indonesia 9 123-131
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. ISBN 979-526-852- X.
Widya Nurhayati. (2013). Peningkatan Komunikasi Ilmiah Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Think Talk Write. Joyful Learning Journal JLJ (1) (2012) ISSN 2252- 9047. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Yeyen Atusman Mangidi, Luh Sukariasih, Vivi Hastuti Rufa Mangkito. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Keterampilan Inkuiri dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMAN 1 Wonggeduku pada Materi Pokok Gerak Parabola: Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika.
Zumrotush Sholikhah, Imam Sucahyo. (2021). Pengembangan LKPD Berbantuan Simulasi PhET pada Materi Fluida Dinamis. PENDIPA : Journal of Science Education.
Copyright (c) 2023 Erlina Noor Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.