EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR PAI BERBASIS TUGAS (RESITASI) TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 17 GALUNG-GALUNG KABUPATEN MAJENE

  • Muslim SDN 17 Gulung-Gulung Kabupaten Majene
    (ID)
  • M. Shabir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Awaliah Musgamy Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Bahan Ajar PAI, Berbasis Tugas, Pemahaman Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemahaman siswa sebelum menggunakan bahan ajar PAI berbasis tugas (hafalan) kelas IV SDN 17 Galung-Galung Kabupaten Majene, (2) mengetahui pemahaman siswa setelah menggunakan tugas- bahan ajar berbasis PAI (hajian) kelas IV SDN 17 Galung-Galung Kabupaten Majene, (3) mengetahui keefektifan penggunaan bahan ajar berbasis PAI (hajian) berbasis tugas terhadap efektifitas pemahaman siswa kelas IV di SDN 17 Galung-Galung Kabupaten Majene. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan design pre-experimental dengan jenis desain “One-group Design pretest-posttest”. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 30 siswa dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes. Data yang di analisis penelitian digunakan dalam ini adalah teknik analisis inferensial. Berdasarkan hasil pemahaman siswa sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar PAI berbasis tugas (Resitasi) terdapat perbedaan yaitu sebelum penggunaan bahan ajar PAI berbasis tugas (Resitasi) menggunakan skor tertinggi 71 dan terendah 46 menggunakan rata-rata 54,94. Sedangkan setelah penggunaan bahan ajar berbasis tugas PAI (Resitasi) dengan skor tertinggi 92 dan terendah 50 hasilnya homogen 68,24. Kemudian dilakukan uji hipotesis perhitungan untuk, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akan terdapat perbedaan pemahaman siswa yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar berbasis tugas PAI (recitation). Pada analisis uji-t hal ini terlihat yang dilakukan dengan menggunakan T-test Paired Sample dengan bantuan SPSS menunjukkan Thitung = 6,373 dengan Ttabel = 2,144. Sehingga hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar PAI berbasis tugas dapat efektif untuk pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 17 Galung-Galung Kabupaten Majene.

References

Atqia, W. (2021). Media Whatsapp Group Dalam Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sma Kabupaten Batang Pada Masa Pandemi Covid-19. Edification , 4.
Hasbullah. (2013). Ilmu Pendidikan Dasar-Dasar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Prasada.
Kholishoh Nur Aini. (2022). Meningkatkan Pembelajaran Yang Menyenangkan.Efektifitas Game Marbel Muslim Kids Pada Mata Pelajaran Pai Untuk Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(8.5.2017), 2003–2005.
Mulyono. (2019). Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Muhammad Yaumi. (2016). Pendidikan Karakter Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nu’man, A. Z. (2013). Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap  : Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo). Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689 1699. https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004
Nurhidayah Shiddiq. (2021). Efektifitas Penerapan Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyahmu, 1(2), 1–7.
Sudaryono. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Cet. I; Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,kualitatif, dan R&B. Cet XI; Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Komptensi dan Praktiknya. Cet. IX; Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Trianto. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta; Prestasi Pustataka.
Published
2023-01-31
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 94 times