MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PAI MATERI BELAJAR AL-QUR’AN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL

  • Muhammad Asy'ari UPT SPF SDN Barrang Lompo
    (ID)
Keywords: Peserta Didik, Audiovisual, Semangat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual SDN Barrang Lompo Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan prosedur Tindakan terdiri dari tiga siklus. Apabila satu siklus belum menunjukkan tanda-tanda perubahan ke arah perbaikan (peningkatan mutu), kegiatan riset dilanjutkan pada siklus ke II dan seterusnya, sampai peneliti merasa puas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan, sebanyak 12 orang, 3 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Instrumen yang digunakan pedoman observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan selama tiga siklus, maka dapat disimpulkan bahwa semangat belajar dan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan media audiovisual pada pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IIIa SDN Barrang Lompo mengalami peningkatan dari kategori sedang pada siklus kesatu dan kedua menjadi tinggi pada siklus ketiga. Hal ini menunjukkan bahwa media audiovisual efektif digunakan dalam proses pembelajan materi Pendidikan Agama Islam di kelas IIIa SDN Barrang Lompo.

References

Abdul Hakim Muh, "TV dan VCD Sebagai Media Pembelajaran"' http:/abdulhakimmuh. wordpress. com/2010/06/22/tv-vcd-sebagai-medi a¬pembelajaran/
Arifin, Zaenal, Evaluasi Instruksional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999
Arikunto, Suharsimi, dick, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008
Aqib, Zainal, et.al, Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK, Bandung; Yrama Widya, 2006
Azhar Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003, Ed. 1, Cet. 5
Darajat, Zakiah, dick, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta.: PT. Bumi Aksara, cet. 5, 2004
Djamarati, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta.: Rineka Cipta, 2002 Fatah Syukur NC, Teknologi Pendidikan, Semarang: Rasail, 2005
Hamalik, Oemar, Metode Mengajar dan Kesulitan Belajar, Bandung: Bina Aksara, 2003
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1997 Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2004
M. Basyirudin Usman, Asnawir, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002 M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta.: Rineka Cipta, 2009
Mob. Uzer Usma, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996
Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007,ed.3,
Sadiman, Arief S,et. al, Media Pendidikan : Pengetian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta : Rajawali Pers, 2009
Slameto, Belajar dan Faktor faktor yang mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 1986
Snelbecker, GE, Learning Theory, Instructional Theory and Psycho Educational Design, New York: Mc. Gro Hill Book Company, 1994
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2006
Sukmadinata, Nana Saodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005
Sukidin, dkk, Manajemen Penulisan Tindakan Kelas, Surabaya : Insan Cendikia, 2002
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta.: CV. Rajawali, 1989
Turmidhi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Ibtidaiyah Thalab, Tahun Pelajaran 2015/2016
Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al Qur'an, Terjemah Al Qur 'an, Semarang; CV. Toha Putra, 1989
Published
2022-07-30
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 18 times