PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA SMA MUHAMMADIYAH 3 MAKASSAR

  • Habib Nur SMA Muhammadiyah 3 Makassar
    (ID)
Keywords: Hasil belajar, metode mind mapping

Abstract

Penelitian ini mencakup aspek penilaian hasil belajar peserta didik serta penerapan metode belajar mind mapping yang diharapkan dapat memberikan stimulus bagi peserta didik dalam meningkatkan hasil belajarnya. Setelah melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) mulai dari siklus I, siklus II, hingga pada siklus III, pada pembelajaran pendidikan agama Islam pada tema Sumber Hukum Islam dengan menggunakan metode mind mapping, maka peneliti dapat memahami; Hasil belajar peserta didik pada SMA Muhammadiyah 3 Makassar pada pendidikan agama Islam dan budi pekerti pada tema Sumber Hukum Islam dengan penggunaan metode belajar mind mapping, telah meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga semua peserta didik memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM). Metode mind mapping yang telah diterapkan dalam pembelajaran tema sumber hukum Islam telah mampu memberikan pemahaman bagi guru dan peserta didik dalam pengeperasian metode tersebut dalam berbagai tema- tema pembelajaran agama Islam yang dinilai relevan. Peserta didik sangat tertarik dalam menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran dan sangat antusias dalam pembelajaran. Setelah membelajarkan tema Sumber hukum islam dengan menggunakan metode mind mapping, maka hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Selak dari siklus satu, siklus dua, hingga siklus tiga, didapati semua peserta didik memperoleh nilai di atas KKM. Pada siklus satu dan dua masih terdapat peserta didik yang belum tuntas, namu hal itu dipahami karena peserta didik belum memahami betul penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran. Setelah peserta didik terbiasa belajar dengan menggunakan metode mind Mapping. Maka peserta didik memperoleh hasil belajar dengan pridikat tuntas.

References

Alma, Buchari. dkk. Guru Professional. Bandung: Alfabeta, 2009.
Asnawir, Basyirudin usman. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pres, 2002. Asrori, Mohammad. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima Aqib, 2007.
Komsiyah, Indah. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras Kunandar, 2012. Kurnianto, Rido. et. All. Penelitian Tindakan Kelas “Edisi Pertama”. Surabaya: Lapis PGMI, 2009.
Lie, Anita. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang- ruang Kelas. Jakarta: Gramedia, 2007.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo 2010.
Mujib, Abdul. Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidkan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.
Mulyasa, E. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011. Pidarta, Made. Landasan Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.
Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Republik Indonesia, “UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasiona,”. Bandung: Fokus Media, 2006.
Ilmiyah, Miftakhul, “Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Materi Surat Al-„Alaq melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Asy‟ari Sidoarjo. SKRIPSI: UIN Sunan Ampel, 2018.
Published
2022-07-30
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 27 times