PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN KEBIASAAN PESERTA DIDIK KELAS IV MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT DI UPT SPF SDN PONGTIKU 2 KOTA MAKASSAR

  • Ilma Sari Abdul Kadir UPT SPF SDN Pongtiku 2 Kota Makassar
    (ID)
Keywords: think pair share, hasil belajar, kooperatif

Abstract

PTK ini dibuat untuk membantu penulis dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yakni Meningkatkan Kebiasaan Peserta Didik Kelas IV Melaksanakan Ibadah Shalat. Berdasarkan hasil penelitian tindakan dan pembahasan, diperoleh gambaran bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada peserta didik kelas IV dengan kompetensi dasar menjalankan shalat dengan tertib dan menceritakan pengalaman melaksanakan shalat di rumah dan masjid lingkungan sekitar di UPT SPF SDN Pongtiku 2 Kota Makassar telah berjalan semakin meningkat secara kualitatif dari siklus ke siklus. Selain itu, terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus ke siklus berikutnya. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh peserta didik pada siklus I sebesar 68,7 meningkat menjadi 76 pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 82 pada siklus III. Begitupun dengan jumlah murid yang memiliki nilai memenuhi KKM pada siklus I hanya 12 peserta didik atau 54%  meningkat menjadi 16 peserta didik atau 77% pada siklus II. Selanjutnya pada siklus III meningkat lagi menjadi 20 peserta didik atau 90,9%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) meningkatkan kompetensi (kemampuan) peserta didik kelas IV dalam memahami dan menjalankan shalat dengan tertib di UPT SPF SDN Pongtiku 2 Kota Makassar.

References

Ahmadi, Abu dan Salim, Noor. 2008. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ali, Yunasril. 2011. Buku Induk Rahasia dan Makna Ibadah. Jakarta: Zaman.
Arikunto, Suharsimi, Supardi, & Suhardjono. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan Kelima. Jakarta: Bumi Aksara.
Daradjat, Zakiah. 2003. Ilmu jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
El-Qurtuby, Usman. 2018. Al-Qur’an Hafalan. Bandung: Cordoba.
Mulyasa, Enco. 2007. Standar Kopetensi dan sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustofa, Budiman dan Silaturrohmah, Nur. 2011. Buku Pintar Ibadah Muslimah. Surakarta: Ziyad Visi Media.
Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Raya, Ahmad Thib dan Mulia, Siti Musdah. 2003. Menyelami Seluk-Beluk Ibadah dalam Islam. Jakarta: Prenada Media.
Rif’atunnisah, Nur Intan. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Perkembangan Manusia. http://a-research.upi.edu/operator/upload/sbio_080130_chapter2(1).pdf. Diakses pada tanggal 15 Mei 2022.
Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Sanjaya, Wena. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT. Remaja Rosdakarya.
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran; Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer; Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2022-07-30
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 32 times