PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK A DI PAUD SANGGAR PENDIDIKAN ANAK SHOLEH DESA TAMALATEA KEC. MANUJU

  • Shermila Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh media flashcard terhadap perkembangan bahasa (mengenal huruf) yang bertujuan: (1) untuk mengetahui perkembangan anak sebelum melakukan media flashcard pada kelompok A di PAUD SPAS Desa Tamalatea Kec. Manuju Kab, Gowa, (2) untuk mengetahui perkembangan bahasa (mengenal huruf) anak setelah melakukan media flashcard pada kelompok A di PAUD SPAS Desa Tamalatea Kec. Manuju Kab. Gowa, (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh media flashcard terhadap perkembangan bahasa (mengenal huruf) anak pada kelompok A di PAUD SPAS Desa Tamalatea Kec. Manuju Kab. Gowa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttes design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak  pada PAUD SPAS Desa Tamalatea Kec. Manuju Kab. Gowa yang berjumlah 25 orang yang dikumpulkan dalam 1 kelas Jumlah  sampel adalah sebanyak 10 orang. Teknik pengambilan sampel dengan nonprobability sampling, dimana semua jumlah populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Perkembangan bahasa (mengenal huruf) anak sebelum pemberian media flashcard perkembangan bahasa (mengenal huruf) anak pada kelompok A di PAUD SPAS Desa Tamalatea Kec. Manuju Kab. Gowa berada dalam kategori Sedang dengan rerata nilai 8. (2) perkembangan bahasa (mengenal huruf) anak setelah pemberian media flashcard  perkembangan bahasa (mengenal huruf) anak pada kelompok A di PAUD SPAS Desa Tamalatea Kec. Manuju Kab. Gowa berada dalam kategori Tinggi dengan dengan rerata nilai 4. (3) Hasil penelitian jika dibandingkan sebelum dan setelah pemberian media flashcard, perkembangan bahasa (mengenal huruf) anak maka terdapat pengaruh positif terhadap perkembangan bahasa (mengenal huruf) pada kelompok A di PAUD SPAS Desa Tamalatea Kec. Manuju Kab. Gowa.

References

Suyadi, Manajemen Paud (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017). h. 122.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, ‘Model Penyelenggaraan PAUD Terpadu Dengan Perpustakaan Mainan’ (Medan: Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Regional 1 Medan, 2011), h. 1.
Muhammad Afandi Latif, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: Kencana, 2016). h. 78
Anti Isnaningsih, ‘Pengaruh Metode Pembelajaran Bahasa Melalui Bernyanyi Dan Bercerita terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak TK ABA Seropandlingo Bantul Yogyakarta’ (Universitas Negeri Yogyakarta, 2016). h. 132
Mar’ah Rizkiyana, ‘Meningkatkan Perkembangan Bahsa Anak Usia Dini Melalui Media Katu Bergambar Kelompok A Di TK Aisyah Bustanul Athfal Wates Gadingrejo Pringsewu’ (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019). h. 71
Sudaryono, Metodologi Penelitian (Jakarta: PT Rajagrafindo, 2017). h. 73.
Rudi Susilana dan Riche Johan, ‘Penelitian Pendidikan’ ((Direktorat Jenderal Pendidikan: Kementerian Agama, 2009). h. 88.
Doman, ‘’Pengaruh Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B Di Tk Nurus Sa’adah 03 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jamber’’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. September 2017, Vol 02 No. 02. h. 210.
Published
2022-07-30
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 34 times