Efektivitas Media Mobile Learning Android Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA

  • Alpirudiwan MIN 3 Kota Padang
    (ID)
Keywords: media mobile learning android, hasil belajar, IPA

Abstract

Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan penggunaan media mobile learning android terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Metode yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas selama dua siklus. Temuan penelitian menunjukkan media mobile learning android mampu meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA. Skor aktivitas siswa pada siklus pertama pertemuan 1 diperoleh skor 73, siklus pertama pertemuan 2 skor 82, dan siklus kedua skor 95. Skor hasil belajar pada siklus pertama pertemuan 1 diperoleh skor 85,29, siklus pertama pertemuan 2 skor 90,59, dan siklus kedua skor 95,29. Peningkatan hasil belajar di atas disebabkan pembelajarannya menarik, menantang, dan tidak terbatas waktu serta tempat peserta didik dalam menggunakannya.

References

Elis Ratnawulan & A. Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Pustaka Setia.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. In Ganding (Vol. 44, Issue 8). Ganding Pustaka. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf
Nasution, A., Siddik, M., Manurung, N., & Royal, S. (2021). Efektivitas Mobile Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Science and Social Research, 4307(1).
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009–2018.
Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602
Published
2023-07-30
Section
Vol. 3 No. 2
Abstract viewed = 11 times