Studi Kelayakan Media Pembelajaran Video Virtual Reality Tour pada Materi Walisongo

  • Icha Fara Diba MTs Alif Laam Miim Surabaya
    (ID)
  • Askar Adika Agama Universitas Indonesia
    (ID)
  • Nova Artika Desty Dyokta MAN Lumajang
    (ID)

Abstract

Gaya belajar yang dimiliki oleh setiap peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda diantaranya visual, audio dan kinestetik. Sehingga pengembangan media juga diharapkan memiliki inovatif dan kreatif agar peserta didik mampu memahami materi dengan baik, tidak mudah bosan dan mendapatkan kualitas belajar yang sangat baik. Teknologi virtual reality pada saat ini berkembang sangat pesat dan pengaplikasianya telah menjuru ke berbagai bidang. salah satunya yang menjadi fokus peneliti di bidang pendidikan. Sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran video virtual reality tour untuk membantu peserta didik dalam belajar merangkap tiga gaya belajar sekaligus dalam satu media. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian R&D jenis ADDIE yang melalui 5 tahapan. Sehingga hasil yang didapatkan dari uji kelayakan mendapatkan kategori sangat layak untuk diimplementasikan oleh peserta didik pada saat pembelajaran materi Walisongo.

References

Agama, A. A., & Solikin, M. (2020). Development of tutorial video learning media on engine management system diagnosis. Journal of Physics: Conference Series, 1700(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1700/1/012057
Asykur, A., Zainiyati, H. S., & Munawaroh, S. (2021). Desain Pembelajaran Qur’an Hadist Model Jerold E. Kemp Berbasis Multimedia Di Madrasah Tsanawiyah. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2262
Azhar Arsyad. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 36(1), 9–34.
Bennett, J. A., & Saunders, C. P. (2019). A Virtual Tour of the Cell: Impact of Virtual Reality on Student Learning and Engagement in the STEM Classroom. Journal of Microbiology & Biology Education, 20(2), 20. https://doi.org/10.1128/jmbe.v20i2.1658
Chao, Y. P., Chuang, H. H., Hsin, L. J., Kang, C. J., Fang, T. J., Li, H. Y., Huang, C. G., Kuo, T. B. J., Yang, C. C. H., Shyu, H. Y., Wang, S. L., Shyu, L. Y., & Lee, L. A. (2021). Using a 360° virtual reality or 2D video to learn history taking and physical examination skills for undergraduate medical students: Pilot randomized controlled trial. JMIR Serious Games, 9(4). https://doi.org/10.2196/13124
Euis Sofi. (2016). Pembelajaran Berbasis e-learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas viii Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1(1), 49–64.
Fadli, F. (2017). Model Pendidikan Islam Kreatif Walisongo, Melalui Penyelenggaraan Pendidikan Yang Menyenangkan. Jurnal Penelitian, 11(1), 25. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2169
Fendi, K. (2019). Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Noviembre 2018, IX(1), 1. https://www.gob.mx/semar/que-hacemos
Hasenbein, L., Stark, P., Trautwein, U., Queiroz, A. C. M., Bailenson, J., Hahn, J. U., & Göllner, R. (2022). Learning with simulated virtual classmates: Effects of social-related configurations on students’ visual attention and learning experiences in an immersive virtual reality classroom. Computers in Human Behavior, 133(March). https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107282
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Husna, M., Simanungkalit, E., & Faulina, F. (2021). Pembuatan Virtual Tour Sebagai Sarana Pembelajaran Program Studi Mice. Klik - Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 8(1), 99. https://doi.org/10.20527/klik.v8i1.375
Isnanto, R. R. (2004). Aplikasi Teknologi Informasi 2004 Aplikasi Teknologi Multimedia pada Bidang Pendidikan Sains dan Teknologi. Virtual Reality. http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1778/1558
Ita Rianti, S., Bachri, S., & Yuniyanto, T. (2013). Analisis Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Berbasis Kurikulum 2013 Pada Materi Bani Abbasiyah Kelas Xi Ips Di Man 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Juwita, T., Novianti, E., Tahir, R., & ... (2020). Pengembangan model wisata edukasi di Museum Pendidikan Nasional. Journal of Indonesian …. https://ejournal.upi.edu/index.php/Jithor/article/view/21488
Kristiani, I. J., & Riwinoto, R. (2020). Pengembangan Media Virtual Tour Gedung Teaching Factory Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Multimedia and Networking, 4(2), 86–94. https://doi.org/10.30871/jamn.v4i2.2586
Kustandi, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. … Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/4075
Mardani, I. (2018). Pengaruh Bentuk Model Virtual Reality Terhadap Lama Durasi Penggunaan dan Aktivitas Pengguna. INFORMATIK, 14.
Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 194. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10015
Monahan, T., McArdle, G., & Bertolotto, M. (2008). Virtual reality for collaborative e-learning. Computers and Education, 50(4), 1339–1353. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.12.008
Paulus, E., Suryani, M., Farabi, R., Yulita, I. N., & Pradana, A. (2016). Evaluasi Aplikasi Semi-Immersive Virtual Reality Pada Bidang Pendidikan Menurut Aspek Heuristik Dan Pembelajaran. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 1(2). https://doi.org/10.26798/jiko.2016.v1i2.32
Pranoto, I., Ulfa, Z. D., Natalia, J., Isna, S., Sagarli, H., Studi, P., Jurusan, S., & Bahasa, P. (2021). Pengembangan Video Media Pembelajaran Seni Rupa Tradisional Dayak Kalimantan Tengah Berbasis Virtual Reality Smpn 2 Palangka Raya. 10(November), 455–467.
Rambing, X., Tulenan, V., & Najoan, X. (2017). Virtual Reality Berbasis Video 360 Derajat pada Tari-Tarian Adat Suku Minahasa. 11(1).
Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130
Roy, M., Haryana, A., Warsono, S., Achjari, D., & Nahartyo, E. (2022). The International Journal of Management Education Virtual reality learning media with innovative learning materials to enhance individual learning outcomes based on cognitive load theory. The International Journal of Management Education, 20(3), 100657. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100657
Sulistyowati, S., & Rachman, A. (2017). Pemanfaatan Teknologi 3D Virtual Reality pada Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah NERO, 3(1), 37–44. http://nero.trunojoyo.ac.id/index.php/nero/article/download/71/77
Untari, E. (2017). Problematika Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 259–270.
Widiastuti, N. I. (2012). Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 1(2), 41–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v1i2.60
Yong, C., Chew, K. M., Mahmood, N. H., & Ariffin, I. (2012). Gender As A Moderator Between Level of MATLAB Knowledge and MATLAB Features Understanding. International Journal of Education and Learning, 1, 1–10.
Yulia Fatma, Regiolina Hayami, Arif Budiman, & Yoze Rizki. (2019). Rancang Bangun Virtual Tour Reality Sebagai Media Promosi Pariwisata Di Propinsi Riau. Jurnal Fasilkom, 9(3), 1–7. https://doi.org/10.37859/jf.v9i3.1666
Yuliana. (2021). The Roles of Virtual Reality and Augmented Reality During The COVID-19 Pandemic. JUSTEK, Vol.4, No., 29–39.
Published
2023-07-30
Section
Vol. 3 No. 2
Abstract viewed = 126 times