Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Penerapan Model Make A Match pada Peserta Didik Kelas IV SD Centre Mangalli

  • Syamsiah SD Centre Mangalli
    (ID)
  • Awaliah Musgamy Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Husnul Khatimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Hasil Belajar, Model Make a Match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada peserta didik kelas IV SD Centre Mangalli melalui penerapan model pembelajaran Make a Match. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 17 peserta didik kelas IV SD Centre Mangalli. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata tes hasil belajar pada siklus II yang lebih tinggi dibandingkan siklus I. Selain itu, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat, yang tercermin dari keterlibatan aktif dalam permainan pasangan kata yang diterapkan dalam model pembelajaran ini. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada peserta didik kelas IV SD Centre Mangalli.

References

Abinnashih, Ibnu, and Nurfuadi Nurfuadi. “Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2023): 543–49. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4451.
Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswar Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Indonesia, Republik. UU RI Nomor 20 2003 Sistem Pendidikan Nasional, n.d.
Komsiyah, Indah. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras, 2012.
Oemar, Hamalik. Teknik Pengukur Dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju, 1989.
Sayekti, Siskha Putri, Zaeni Dahlan, and Muhammad Fikri Al-Faruqi. “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas V SDN 02 Mampang Kota Depok.” Jurnal Dirasah Islamiyah 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.17467/jdi.v2i2.365.
Solihatin, Etin, and Raharjo. Cooperative Learning: Analisi Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.
Sugiyono. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sukmadinata, Nana S. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya, 1995.
Suprijono, Agus. No Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi PAIKEM Title. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Published
2024-07-31
Section
Artikel
Abstract viewed = 0 times