Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Minasa Upa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas IV UPT SPF SD Negeri Minasa Upa melalui penerapan metode Jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber datata dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPT SPF SD Negeri Minasa Upa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dandokumentasi. Dengan Teknik analisis data: Reduksi data, penyajian data, Conclusion drawing. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatan minat belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan Agama Islam. Hal ini terlihat dari hasil yang dilakukan pada siklus I observasi kegiatan guru terlaksana 80% sedangkan aktivitas peserta didik terlaksana 76,39%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan pada aktivats guru sebanyak 92,5% dan aktivitas siswa 87,41%. Perolehan hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
References
Aqib, Zainal. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Media, 2009.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia, 2011.
Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Sayekti, Siskha Putri, Zaeni Dahlan, and Muhammad Fikri Al-Faruqi. “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas V SDN 02 Mampang Kota Depok.” Jurnal Dirasah Islamiyah 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.17467/jdi.v2i2.365.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Bandung: Alfabeta, 2020.
Sulastri, Eti. Aplikasi Metode Pembelajaran. Majalengka: Quepedia, 2019.
Copyright (c) 2024 Sitti Syamsiah, Siti Ibrah Mustafa Kamal, Annisa Trifirjayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.