Pemanfaatan Kembali Pelayanan Kesehatan Oleh Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Syekh Yusuf Tahun 2019
Abstract
In this globalised era, hospitals do not only conduct social missions because the business aspect is an inevitable consequence. Therefore, it is common for hospitals to pull forward their profile promotion because of the services that they offer to connect users and providers. This research uses a quantitative approach with a cross-sectional research design. It observes dependant as well as independent factors through approaches, observations and data collection simultaneously. The research samples consist of 86 respondents. Each respondent is invited to an interview and observation only once in which the dependant and independent variables are examined at the time of data collection. The research findings indicate that hospital fee rates (p=0.000), the service quality (p=0.003), location (p=0.000), facilities (p=0.000) correlate with patients’ decision on the re-utilisation of hospitalisation health services while distance (p=0.0061) does not. Thus, this research concludes that while distance does not influence patients’ decision to re-utilise the hospitalisation health services, the service quality, location, and facilities make them consider re-utilising the services in Syekh Gowa Public Regional Hospital. This research recommends that the hospital keeps improving the quality of hospitalisation health services to win the competition with other hospitals.
Keywords: predisposing factors, reinforcing factors, re-utilisation
References
Adriana, Nani Yunia. (2005). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayan pada Masyarakat Desa Tanailandu Kabupaten Button. Diakses dari Http://183869-ID-Faktor-faktor-yang-berhubungan-dengan-pe.pdf.
Anysetyawati, (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kembali Pelayanan di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit TK.I V Madiun, Jurusan Kesehatan Masyarakat, STIKES Bhakti Husada Mulia Medium. Diakses Http://ejournal.stikesmuhgombong.ac.id/index.php/JIKK/index.
Asriani As, (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan pada Pasien TB Paru di RSUD Labuang Baji Makassar Tahun 2016, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Makassar.
Departemen Kesehatan RI, (2017). Pengertian Pelayanan Kesehatan. Diakses dari Http://pendidikanmu.com/2018/11/pengertian-pelayanan-kesehatan-menurut-para-ahli-jenis-dan-tujuan.html.
Evi, Alimin, & Irwandy, (2013). Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfatan Kembali Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Stella Maris Makassar, Diakses dari Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Unhas Makassar.
Imbalo S, (2003). Peneraan Dalam Pelayanan Kesehatan.Bekasi
Noviana, Balqis, & Asiah, (2013). Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di RSUD Lakipada Kabupaten Tana Toraja, Diakses Dari Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Unhas.
Profil RS Syekh Yusuf Tahun 2018
Rekam Medis RS Syekh Yusuf Tahun 2018
Profil Kesehatan Departemen RI, (2005). Pengertian Rumah Sakit. Diakses dari Http://www.profil-kesehatan-indonesia-2005.pdf
Profil Departemen Kesehatan RI, (2005). Data BOR (Bed Occupany Rate). Diakses dari Http://depkes.go.id/download/pusdatin/peta-kesehatan-2005.pdf.
Profil Rumah Sakit Umum Daerah, (2017). Diakses dari Http://gowakab.go.id/skpd/kantor/rsud/syekh-yusuf-2/414/06.pdf
Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar 2009, Pasal 39.
Wildan Pahlevi, (2009). Analisis Pelayanan Kesehatan. Jurnal, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.
M. Fais Satrianegara & Surahmawati, (2016). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan pada Pasien Tb Paru di RSUD Labuang Baji. Jurnal Kesehatan Masyarakat, UIN Alauddin Makassar.
Sriwahyuni, Febi & Adisti, (2018). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Kembali Pelayanan Oleh Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manad. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi.
Siti Kholifah, (2017), Hubungan Jarak Tempat Tinggal dan Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Kunjungan Masyarakat KePuskesmas Gadingrejo, Skripsi Universitas Lampung.
Siti Aminatuzzahroh, (2015). Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Poncol Kota Semarang. Skripsi Universitas Negeri Semarang. Diakses https://lib.unnes.ac.id/27987/1/6411411060.pdf
Merry & Afiana, (2012). Hubungan Kepuasaan Pasien dengan Minat Pasien dalam Pemenfaatan Ulang Pelayanan Kesehatan Pada Praktek Dokter Keluarga. Jurusan Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang.
Copyright (c) 2020 HIGIENE: Jurnal Kesehatan Lingkungan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.