Pengaruh Permainan Monopoli dalam Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Pola Konsumsi Buah dan Sayur Pada Siswa SDN 021 Sungai Kunjang Samarinda

  • Anisa Marini
    (ID)
  • Ratih Wirapuspita
    (ID)
  • Iriyani Kamaruddin universitas Mulawarman
    (ID)

Abstract

Childrend in general didn’t like consumed vegetables and fruits, the levels of fruit and vegetables consumption in children was low. Game was one of its media to gaves information that was fun for children, one of them was monopoly. Therefore, need for recogninition of compsumption pattern of fruits and vegetables throught the game would improved the knowledge,attitudes and actions of the consumption pattern of fruits and vegetables.This research aimed to determine the effect monopoly game increase of knowledge, attitude and actions consumption pattern of fruits and vegetables to students SDN 021 Sungai Kunjang, Samarinda using quasy eksperiment with pretest-posttest with control group and an experimental group and a large sample of 32 students in each class control and 43 students in the eksperimental group. Sampling techniques is purposive sampling and data analisis using the paired T-test, wilcoxon test,dan man whitney test with significance  < 0,05. The results showed that there were significant knowledge ( value=0.000), attitude ( value=0.000) and actions ( value=0.000) of students before and after the intervention of monopoly game to increase knowledge, attitude dan actions of fruits and vegetables to students SDN 021 Sungai Kunjang Samarinda.The suggestion of this research were cooperation between the school and the parents, and the guidance from health The suggestion of this research were cooperation between the school and the parents, and the guidance from health care worker about the importance to eating fruits and vegetables to students to conduct training joint cooperation of UKS and small doctor in school.

Key Words : Monopoly, Knowledge, Attitude and Actions

 

References

Alqo, R.U. Pengaruh Permainan Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akutansi Kelas XI IPS di MAN Tlogo Blitar. Skripsi Akutansi FE Universitas Negeri Malang. Diakses tanggal 28 oktober 2014, 2010.

Awalliyana, A.P. Pengaruh Permainan Kartu Bergambar (KWARTET) Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Praktik dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa /i Kelas V SDN 008 Samarinda. FKM UNMUL. Samarinda, 2012.

Darwita, R.R. Efektivitas Program Sikat Gigi Bersama Terhadap risiko Karies Gigi pada Murid Sekolah dasar. J Indon Mec Assoc, 2011.

Dewi, Y. Persepsi dan Perilaku Makan Buah dan Sayur pada Anak Obesitas dan Orang Tua. Jurnal ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 2 No 1. Diakses tanggal 23 Oktober 2014, 2013.

Irfan. Pola Konsumsi Sayur, Buah, dan Aktivitas Sedentari Mahasiswa Obesitas di Universitas Hasanuddin. Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Masyarakat. Diakses tanggal 23 Oktober 2014, 2013.

Hairunnisa. Hubungan Asupan Makanan Protein, Karbohidrat, Lemak dak Aktivitas Fisik. Skripsi: Fakultas Kesehatan Masyarakat, 2012.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

Hamdalah, A. Perbedaan efektifitas metode ceramah dengan media cerita bergambar dan ceramah dengan media Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Praktik Kesehatan Gigi dan Mulut. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Diakses tanggal 22 Maret 2015, 2013.

Herawati. Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Makanan Sehat dan Aman dengan Metode Bermain Puzzle pada Anak kelas 3 SDN Muhammadiyah 4 terpadu Samarinda. FKM UNMUL. Samarinda, 2013.

Jannah, N.J. Pengaruh Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pesan Gizi Seimbang Terhadap pengetahuan, Sikap dan Tindakan pada Siswa SDN 002 Samarinda. FKM UNMUL. Samarinda, 2011.

Kopelman PG., Caterson I, and Dietz WH. Clinical Obesity in adults and Children, 2nd Ed, Blackwell Publishing, 2005.

Notoatmodjo, S.Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Pola konsumsi Buah dan Sayur Usia ≥ 10 tahun, 2013

Siti, H. Pengaruh Permainan Monopoli Pintar Budaya Bangsa terhadap Prestasi Belajar pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Purwodadi. Diakses tanggal 25 oktober 2015 dari http//mhsblog.ac.id, 2014.

Wulandari, E. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu Media Monopoli Dalam Peningkatan Aktivitas Belajar Akutansi Siswa Kelas X Akutansi 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol X No 1. Diakses tangggal 28 oktober 2014, 2012.

Published
2015-12-01
How to Cite
Marini, A., Wirapuspita, R., & Kamaruddin, I. (2015). Pengaruh Permainan Monopoli dalam Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Pola Konsumsi Buah dan Sayur Pada Siswa SDN 021 Sungai Kunjang Samarinda. HIGIENE: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 1(3), 155-161. https://doi.org/10.24252/higiene.v1i3.1742
Abstract viewed = 1341 times