Pengaruh Jumlah Tanggungan, Pendapatan dan Pendidikan Kepala Keluarga Terhadap Tingkat Pendidikan Anak di Desa Bonto Lojong, Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah tanggungan, pendapatan dan tingkat pendidikan kepala keluarga terhadap tingat pendidikan anak di Desa Bonto Lojong, Kecamatan Ulu Ere, Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan data diolah dengan kebutuhan, model yang digunakan. Metode pengumpulan data menggunakan survei sampel, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan rumus Gay and Diehl tahun 1992. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah tanggungan berpengaruh positif terhadapa tingkat pendidikan anak dengan nilai koefisien 0,538. Variabel pendapatan beerpengaruh positif terhadap tingkat pendidikan anak. Dan variabel tingkat pendidikan anak berpengaruh positif terhadap tingkat pendidikan anak dengan nilai koefisien sebesar 0,187. Dari hasil regresi, nilai R-Squared sebesar 0,064 hal ini dapat disimpulkan bahwa besar presentasi tingkat pendidikan anak yang bisa dijelaskan oleh tiga variabel bebas yaitu sebesar 6,4% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel-variabel yang tidak masuk dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Jumlah Tanggungan, Pendapatan, Tingkat Pendidikan Kepala Keluarga, dan Tingkat Pendidikan Anak
Downloads
References
Alhumami, Amich. (2005). Pendidikan dan Pembangunan Ekonomi. URL http://www.IMMUGM.org.
Awal, Andi. (2018). Pengaruh Pendapatan dan Jumlah Tanggungan Keluarga Petani Padi terhadap Tingkat Pendidikan Anak di Desa Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Arief, Furchan. (1992). Pengantar penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
https://bantaengkab.bps.go.id/
Case & Fair. (2007) . Prinsip-prinsip ekonomi jilid 1, Jakarta : Erlangga.
Dalyono, (2012). Psikologi Pendidikan, Bandung : Rineka Cipta
Efendi, Sofyan dan Singarimbun Masri. (1989). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES. 37
Elfindri. (2001). Ekonomi Sumber Daya Manusia. Padang: Andalas University Press.
Hadiyanto, Herman. “Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa SMA”. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan 2, no. 2 (2014): h. 2-4.
Hasbullah. (2009). Dasar - Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo Persada.
Juwinda, Sardi & Hasbiullah. (2016). Pengaruh Pendapatan Petani Padi Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Di Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu. EcceS. 3(1). UIN ALLAUDIN. Makasar.
Mubyarto. (2005). Studi Pengembangan Desa Pantai di Provinsi Riau. Pusat Pembangunan Pedesaan dan Kawasan. Yogjakarta : UGM.
Rosyidi, Suherman. (2014). Pengantar Teori Ekonomi, Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro & Makro. Jakarta: Rajawali Pers
Sari, Sinta Yelpi. (2015). Pengaruh Pendapatan, Tingkat Pendidikan Kepala Keluarga, Dan Jumlah Tanggungan Keluarga Terhadap Tingkat Pendidikan Anak Di Kenagarian Kambang Utara Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. E-Jurnal.
Schultz, D. & Schultz, E. S. (2010). Psychology and work today (10 edition). New York: Pearson.
Subekti, Indah Tri. (2016). “Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Jenis Pekerjaan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKN Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 4 Kandangsapi”. Publikasi Ilmiah. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sukirno, Sadono. (2016). Makroekonomi Modern, Perkembangan Pemikirin Dari Klasik Hingga Keynesian Baru. Cet.VI; Jakarta. Rajawali Pers. 2016.
Wury Indahsari. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen serta citra perusahaan dalam membangun loyalitas konsumen PT. KAI, EJournal Graduate Unpar Part A:Economics, Vol. 1, No.2.