MADRASAH LEADERSHIP IN SUPPORTING QUALITY IMPROVEMENT OF ISLAMIC EDUCATION
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui mutu pendidikan; (2) Mengetahui peran kepala madrasah; (3) Mengetahui penerapan tipe kepemimpinan kepala madrasah; (4) Mengetahui strategi kepemimpinan kepala madrasah. Penelitian ini menggunakan tiga pendekatan yaitu fenomenologi, manajemen, dan studi multi kasus. Jenis sumber data penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) Mutu pendidikan pada MTsN Gowa dan MTs Madani Alauddin sudah memenuhi 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan; (b) Peran kepala madrasah dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan islam pada MTsN Gowa dan MTs Madani Alauddin; (c) Gaya kepemimpinan kepala madrasah MTsN Gowa dan MTs Madani Alauddin menggunakan gaya kepemimpinan bersifat demokratis; (d) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan islam pada kedua madrasah tersebut telah diterapkan beberapa strategi yaitu program pengembangan SDM, kurikulum, profesionalisme guru, kesiswaan, sarana dan prasarana, humas, serta pengelolaan dana (keuangan).
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penilaian Hasil Belajar Tahap Akhir Nasional.
Halimah. (2022). Wawancara Wakil Madrasah Kurikulum MTsN Gowa, Gowa.
Hornby, A. S. (2014). Oxford Edvanced Dictionary of English. London: Oxford University Press.
Patiroi, Mansur, (2022). Wawancara Kepala Madrasah MTsN Gowa. Gowa.
Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rajab, Abd. (2022). Wawancara Kepala Madrasah MTs Madani Alauddin. Gowa.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (2007). Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.
Tampubolon, D. P. (2011). Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Abad ke 21 (Cetakan XI). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Tim Pengembang Ilmu Pengetahuan Pendidikan FIP UPI. (2017). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (Cetakan XI). Jakarta: PT. Imtima.
Copyright (c) 2022 Kasmawati Kasmawati, Abdul Rahman Mus, Arief Halim, Andi Bunyamin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.