MADRASAH LEADERSHIP IN SUPPORTING QUALITY IMPROVEMENT OF ISLAMIC EDUCATION

  • Kasmawati Kasmawati Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
    (ID)
  • Abdul Rahman Mus Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
    (ID)
  • Arief Halim Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
    (ID)
  • Andi Bunyamin Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
    (ID)
Keywords: Types of Leadership, Quality of Islamic Education, Democratic Leadership

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui mutu pendidikan; (2) Mengetahui peran kepala madrasah; (3) Mengetahui penerapan tipe kepemimpinan kepala madrasah; (4) Mengetahui strategi kepemimpinan kepala madrasah. Penelitian ini menggunakan tiga pendekatan yaitu fenomenologi, manajemen, dan studi multi kasus. Jenis sumber data penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) Mutu pendidikan pada MTsN Gowa dan MTs Madani Alauddin sudah memenuhi 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan; (b) Peran kepala madrasah dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan islam pada MTsN Gowa dan MTs Madani Alauddin; (c) Gaya kepemimpinan kepala madrasah MTsN Gowa dan MTs Madani Alauddin menggunakan gaya kepemimpinan bersifat demokratis; (d) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan islam pada kedua madrasah tersebut telah diterapkan beberapa strategi yaitu program pengembangan SDM, kurikulum, profesionalisme guru, kesiswaan, sarana dan prasarana, humas, serta pengelolaan dana (keuangan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penilaian Hasil Belajar Tahap Akhir Nasional.

Halimah. (2022). Wawancara Wakil Madrasah Kurikulum MTsN Gowa, Gowa.

Hornby, A. S. (2014). Oxford Edvanced Dictionary of English. London: Oxford University Press.

Patiroi, Mansur, (2022). Wawancara Kepala Madrasah MTsN Gowa. Gowa.

Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rajab, Abd. (2022). Wawancara Kepala Madrasah MTs Madani Alauddin. Gowa.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2007). Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.

Tampubolon, D. P. (2011). Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Abad ke 21 (Cetakan XI). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tim Pengembang Ilmu Pengetahuan Pendidikan FIP UPI. (2017). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (Cetakan XI). Jakarta: PT. Imtima.

Published
2022-12-04
Section
Vol 6 No 2
Abstract viewed = 214 times