PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 3 TAKALAR KABUPATEN TAKALAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Takalar Kabupaten Takalar, dan untuk mengetahui adakah pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap peningkatan Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Takalar Kabupaten Takalar. Serta memiliki kegunaan di berbagai pihak, baik itu dari pihak tempat penelitian maupun di pihak penulis sendiri. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu kecerdasan Spiritual (X) dan kinerja Guru (Y). Dalam penelitian ini yang di jadikan populasi dan sampel adalah Guru SMA Negeri 3 Takalar Kab. Takalar dengan jumlah 79 guru. Instrumen dalam penelitian adalah pedoman angket untuk mendapatkan skor Kecerdasan Spiritual dan skor Kinerja Guru. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus presentase untuk menjawab rumusan masalah pertama, dan tehnik analisis inferensial dengan regresi sederhana untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Peneliti melakukan penyebaran skala yaitu model skala likert untuk mengetahui kecerdasan dan kinerja guru yang terdiri dari 20 item pernyataan yang diisi oleh 79 responden. Analisis data kinerja guru di SMA Negeri 3 Takalar Kab. Takalar, menunjukkan diketahui bahwa guru yang yang memiliki kinerja rendah 11,39% dengan jumlah frekuensi 9 guru, dan guru yang memiliki kinerja tinggi 10,12% dengan jumlah frekuensi 8 guru , dan guru yang memliki kinerja sedang 78,49% frekuensi 62 guru. 2). Kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh guru mengakibatkan terjadinya peningkatan kinerja guru di SMA Negeri 3 Takalar. Hal ini di tunjukkan oleh hasil uji sigifikan yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi < 0,05 (0,000< 0,05), maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual terhadap penngkatan kinerja guru.
Downloads
References
Agustian, Ary Ginanjar. ESQ Emotional Spritual Quotient, Jakarta: Arga, 2001.
Arfan Tilomoni, Abd. Kadim Masaong. Kepemimpinan Berbasis Multipate Intelegence,
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Asf. Jasmani dan syaiful mustafa. Supervisi Pendidikan Terobosan Baru Dalam meningkatkan kinerja pengawas sekolah dan guru,
Aswar,Saifuddin. Pengantar Psikologi Intelegensi, Jakarta: Gramedia
Azwar Saiful, Dasar- Dasar Psikometri, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007
Berman M. Devoloping SQ spiritual intellegence throught ELT, http://www.eltnesletter.12 juni 2001.
Burhani Ms –Hasbi Laurens. Kamus ilmiah populer, Jombang: Lintas Media
Dharma, Surya.Manajemen Kinerja Falsafah Teori Dan Penerapannya,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Getteng, Abd Rahman. Menuju Guru Profesional Dan Ber-Etika. Yogyakarta: Grha Guru, 2009.
Rucky, Sistem Manajemen Kinerja, Jakarta: Gramedia Media Pustaka, 2002
Hadjar Ibnu, Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999
Hasan Iqbal, Pokok-pokok Materi Statistik 2 Statistik Infrensial, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Haziq Abdullah, Meta Kecerdasan dan Kesadaran Multikultural
Hoffman. Psychological Testing At Work, New York: Mc Graw Hill, 2002
Iskandar, Psikologi Pendidikan, sebuah orientasi baru, Jakarta: Referensi, 2012
Mahmudi. Manajemen Kerja Sektor Publik, Yogyakarta: Unit Penerbit Dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen, 2013.
Moeheriono. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012.
Nasehudin, Toto Syatori dan Nanang Gozali. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Pustaka Setia,2012.
P, Dwi Sunar. Edisi Lengkap Tes IQ, EQ, Dan SQ ( Cara Mudah Mengenali Dan Memaknai Kepribadian), Jogjakarta: Flash Books, 2010.
Ridwan,dkk. Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi dan Bisnis, Jakarta: Alfabeta, 2009.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta, 2008
Rivai, Veitzhal. Performance Apparaisal Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011.
Rusman. Model-Model Pembelejaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013.
Siagian. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.2002.
Simamora Henry. Manajemen SDM, Yogyakarta: STIE YKPN, 2000
Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2015.
Syafri, Mangkunegara. Manajemen Sumber Daya Manusia Stratejik, Jakarta: Ghalia, 2005.
Syaiful Mustafa, Jasmani Asf, Supervisi Pendidikan Terobosan Baru dalam Meningkatkan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru
Tiro Muhammad Arif, Dasar-Dasar Statistika, Makassar: Badan Penerbit UNM, 2000
Umiarso, Abd. Wahab. Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spritual,
Wiyono, Ki Slamet. Berfikir dengan IQ,EQ,Dan SQ, Semarang: Sindur Press, 2008.
Wibowo, Manajemen Kinerja – edisi kelima, Jakarta: Rajawali Pers, 2016
Yani Fitri. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual Terhadap Pemahaman Akuntansi, Jurnal, Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Zohar, D Marshal I.Spiritual Intelligence The Ultimate Intelligence, Great Britain: Bloomsbury, 2000.
Zuriah Nurul. Metodologi Penelitian Sosial dan pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.2007
Copyright (c) 2018 Baharuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.