PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 3 TAKALAR KABUPATEN TAKALAR

  • Baharuddin Baharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rahmatia Zakaria Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Takalar Kabupaten Takalar, dan untuk mengetahui adakah pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap peningkatan Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Takalar Kabupaten Takalar. Serta memiliki kegunaan di berbagai pihak, baik itu dari pihak tempat penelitian maupun di pihak penulis sendiri. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu kecerdasan Spiritual (X) dan kinerja Guru (Y). Dalam penelitian ini yang di jadikan populasi dan sampel adalah Guru SMA Negeri 3 Takalar Kab. Takalar dengan jumlah 79 guru. Instrumen dalam penelitian adalah pedoman angket untuk mendapatkan skor Kecerdasan Spiritual dan skor Kinerja Guru. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus presentase untuk menjawab rumusan masalah pertama, dan tehnik analisis inferensial dengan regresi sederhana untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Peneliti melakukan penyebaran skala yaitu model skala likert untuk mengetahui kecerdasan dan kinerja guru yang terdiri dari 20 item pernyataan yang diisi oleh 79 responden.  Analisis data kinerja guru di SMA Negeri 3 Takalar Kab. Takalar, menunjukkan diketahui bahwa guru yang yang memiliki kinerja rendah 11,39% dengan jumlah frekuensi 9 guru, dan guru yang memiliki kinerja tinggi 10,12% dengan jumlah frekuensi 8 guru , dan guru yang memliki kinerja sedang 78,49% frekuensi 62 guru. 2). Kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh guru mengakibatkan terjadinya peningkatan kinerja guru di SMA Negeri 3 Takalar. Hal ini di tunjukkan oleh hasil uji sigifikan yang  diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi < 0,05 (0,000< 0,05), maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual terhadap penngkatan kinerja guru.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agustian, Ary Ginanjar. ESQ Emotional Spritual Quotient, Jakarta: Arga, 2001.

Arfan Tilomoni, Abd. Kadim Masaong. Kepemimpinan Berbasis Multipate Intelegence,

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Asf. Jasmani dan syaiful mustafa. Supervisi Pendidikan Terobosan Baru Dalam meningkatkan kinerja pengawas sekolah dan guru,

Aswar,Saifuddin. Pengantar Psikologi Intelegensi, Jakarta: Gramedia

Azwar Saiful, Dasar- Dasar Psikometri, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007

Berman M. Devoloping SQ spiritual intellegence throught ELT, http://www.eltnesletter.12 juni 2001.

Burhani Ms –Hasbi Laurens. Kamus ilmiah populer, Jombang: Lintas Media

Dharma, Surya.Manajemen Kinerja Falsafah Teori Dan Penerapannya,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Getteng, Abd Rahman. Menuju Guru Profesional Dan Ber-Etika. Yogyakarta: Grha Guru, 2009.

Rucky, Sistem Manajemen Kinerja, Jakarta: Gramedia Media Pustaka, 2002

Hadjar Ibnu, Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999

Hasan Iqbal, Pokok-pokok Materi Statistik 2 Statistik Infrensial, Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Haziq Abdullah, Meta Kecerdasan dan Kesadaran Multikultural

Hoffman. Psychological Testing At Work, New York: Mc Graw Hill, 2002

Iskandar, Psikologi Pendidikan, sebuah orientasi baru, Jakarta: Referensi, 2012

Mahmudi. Manajemen Kerja Sektor Publik, Yogyakarta: Unit Penerbit Dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen, 2013.

Moeheriono. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012.

Nasehudin, Toto Syatori dan Nanang Gozali. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Pustaka Setia,2012.

P, Dwi Sunar. Edisi Lengkap Tes IQ, EQ, Dan SQ ( Cara Mudah Mengenali Dan Memaknai Kepribadian), Jogjakarta: Flash Books, 2010.

Ridwan,dkk. Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi dan Bisnis, Jakarta: Alfabeta, 2009.

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta, 2008

Rivai, Veitzhal. Performance Apparaisal Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011.

Rusman. Model-Model Pembelejaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013.

Siagian. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.2002.

Simamora Henry. Manajemen SDM, Yogyakarta: STIE YKPN, 2000

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2015.

Syafri, Mangkunegara. Manajemen Sumber Daya Manusia Stratejik, Jakarta: Ghalia, 2005.

Syaiful Mustafa, Jasmani Asf, Supervisi Pendidikan Terobosan Baru dalam Meningkatkan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru

Tiro Muhammad Arif, Dasar-Dasar Statistika, Makassar: Badan Penerbit UNM, 2000

Umiarso, Abd. Wahab. Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spritual,

Wiyono, Ki Slamet. Berfikir dengan IQ,EQ,Dan SQ, Semarang: Sindur Press, 2008.

Wibowo, Manajemen Kinerja – edisi kelima, Jakarta: Rajawali Pers, 2016

Yani Fitri. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual Terhadap Pemahaman Akuntansi, Jurnal, Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Zohar, D Marshal I.Spiritual Intelligence The Ultimate Intelligence, Great Britain: Bloomsbury, 2000.

Zuriah Nurul. Metodologi Penelitian Sosial dan pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.2007

Diterbitkan
2018-06-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1158 times