IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI KURSUS BAHASA ARAB AL-IMAN SURABAYA

  • Imam Rohhani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
    (ID)
  • Istikomah Istikomah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
    (ID)

Abstrak

Abstract: The Implementation of the Course Planning at Al-Iman Arabic Language Course Surabaya

This study aims to describe the implementation of the course planning at Al-Iman Arabic Language Course Surabaya. This research is a descriptive research through qualitative approach with interview, observation and documentation methods. Collected data are analyzed through three stages: (1) stages of data reduction, (2) stage of data presentation, and then (3) stages of concluding. The results of the study indicate that the implementation of the course planning at Al-Iman Arabic Language Course has been carried out well by the managers and teachers. Learning planning by managers includes: (1) Determining learning objectives; (2) Determining the curriculum; (3) Developing an academic calendar; (4) Planning financing; and (5) Determining human resources (HR) and infrastructure. While the lesson planning carried out by KBA Al-Iman teachers includes: (1) preparing learning materials; (2) choosing a method that suits the learning material; and (3) determining the media that will be used in learning.

 

Abstrak: Implementasi Perencanaan Pembelajaran di Kursus Bahasa Arab Al-Iman Surabaya

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi perencanaan pembelajaran yang ada di Kursus Bahasa Arab Al-Iman Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui tiga tahapan: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi  perencanaan pembelajaran di Kursus Bahasa Arab Al-Iman telah dilaksanakan dengan baik oleh pengelola dan pengajar. Perencanaan pembelajaran oleh pengelola meliputi: (1) Penentuan tujuan pembelajaran; (2) Penentuan kurikulum; (3) Penyusunan kalender akademik; (4) Perencanaan pembiayaan; dan (5) Penentuan sumber daya manusia (SDM) dan sarana prasarana. Sedangkan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh pengajar KBA Al-Iman  meliputi: (1) mempersiapkan materi pembelajaran; (2) memilih metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan; dan (3) menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi. Malang: AE Publishing.

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Arif, Muh., & Makalalag, E. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Gorontalo: Insan Cendekia Mandiri.

Arwildayanto, A., Lamatenggo, N., & Sumar, W. T. (2017). Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Widya Padjadjaran.

Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301

Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185–192. https://doi.org/10.25157/wa.v7i2.3676

Bahri, S. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Bashori, M. (2017). Pengaruh Metode Diskusi dan Qiro’ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab terhadap Minat Belajar Siswa Di Kelas X MIPA MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Jurnal Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2), 226–238. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v1i2.268

Ernawati, E. (2018). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Pariwisata. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(1), 15–37. https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7515

Fahyuni, E. F., & Istikomah, I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif). Sidoarja: Nizamia Learning Center.

Faroqi, A., & Suryanto, T. L. M. (2020). Pemanfaatan Google Calendar Untuk Pembuatan Kalender Akademik di SMP Miftahul Ulum Surabaya. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 13–16. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i1.2020.13-16

Fathony, F. (2019). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 88–98. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i1.206

Fauzy, H. I. el. (2018). Andragogi Pembelajaran Bahasa Arab Metode “Tamyiz” Dalam Perspektif Pendidikan Non Formal. Pembelajaran Bahasa, Sastra dan Budaya Arab di Indonesia, 2, Article 0. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/188

Hidayati, N. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di Program Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri 1Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 [Tesis]. IAIN Surakarta.

Kurniadi, Moch. D. (2021, April 3). Wawancara dengan Pengajar KBA Al-Iman Surabaya [Komunikasi pribadi].

Maryono, M. (2021, Februari 24). Wawancara dengan Direktur Radio Suara Al-Iman Surabaya [Komunikasi pribadi].

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyono, N. R. T. (2021, April 1). Wawancara dengan Admin KBA Al-Iman Surabaya [Komunikasi pribadi].

Rangkuti, E. R. (2019). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. [Tesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/22070/

Rosyid, M. K., Faizin, M. S., Nuha, N. U., & Arifa, Z. (2019). Manajemen Perencanaan Pembelajaran Aktif di Lembaga ‎Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i1.1-20

Santoso, N. C. A. (2021, April 2). Wawancara dengan Pengajar KBA Al-Iman Surabaya [Komunikasi pribadi].

Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i1.963

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran Perencanaan Pembelajaran untuk Performance Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609

Syamsurizal, S. (2016). Peranan Manajemen Sumberdaya Manusia dalam Organisasi. Jurnal Warta, 49.

Tajuddin, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa. Jurnal Parameter, 29(2).

Wahyudin, U. R. (2020). Manajemen Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional). Yogyakarta: Deepublish.

Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16–35. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v4i2.607

Wijaya, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.24

Diterbitkan
2021-12-08
Bagian
Vol 5 No 2
Abstrak viewed = 709 times