PENGARUH TANGGUNG JAWAB PROFESI, KOMITMEN MENGAJAR, MOTIVASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA GURU

  • Mardhiah Mardhiah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Abstract: The Influence of Professional Responsibility, Teaching Commitment, Motivation, and Job Satisfaction on Teacher Performance Effectiveness

This research was conducted to determine the effectiveness of teacher performance in Makassar City based on the factors that influence it, namely; professional responsibility, teaching commitment, motivation, and job satisfaction. This study uses primary data through distributing questionnaires in the form of Google Form to 304 teachers as a sample of all 1259 Madrasah Tsanawiyah teachers in Makassar City. Distribution of questionnaires was carried out in April 2021. Data were analyzed using multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that: (1) professional responsibility has a positive and significant direct effect on the effectiveness of teacher performance; (2) Commitment to teaching has a positive and significant direct effect on the effectiveness of teacher performance; (3) Motivation has a positive and significant direct effect on the effectiveness of teacher performance; (4) Job satisfaction has a positive and significant direct effect on the effectiveness of teacher performance; (5) Professional responsibility, teaching commitment, motivation and job satisfaction together have a significant influence on the effectiveness of teacher performance. The research results can be used as input for school principals and policy makers in an effort to improve teacher performance by paying attention to, shaping and increasing professional responsibility, teaching commitment, motivation and job satisfaction of teachers, especially teachers.

 

Abstrak: Pengaruh Tanggung Jawab Profesi, Komitmen Mengajar, Motivasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Efektivitas Kinerja Guru

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas kinerja guru Madrasah Tsanawiyah di Kota Makassar berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu; tanggung jawab profesi, komitmen mengajar, motivasi, dan kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan data primer melalui penyebaran angket dalam bentuk Google Form kepada 304 orang guru sebagai sampel dari seluruh jumlah guru Madrasah Tsanawiyah di Kota Makassar sebanyak 1.259 orang. Penyebaran angket dilakukan pada April 2021. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tanggung jawab profesi mempunyai pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap efektivitas kinerja guru; (2) Komitmen mengajar mempunyai pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap efektivitas kinerja guru; (3) Motivasi mempunyai pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap efektivitas kinerja guru; (4) Kepuasan kerja mempunyai pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap efektivitas kinerja guru; (5) Tanggung jawab profesi, komitmen mengajar, motivasi dan kepuasan kerja secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap efektivitas kinerja guru. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai masukan bagi kepala sekolah dan pengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan kinerja guru dengan memerhatikan, membentuk dan meningkatkan tanggung jawab profesi, komitmen mengajar, motivasi, serta kepuasan kerja para guru khususnya guru Madrasah Tsanawiyah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Mardhiah, S.Ag., M.Pd. 

Dosen di Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 

Email : [email protected]

Google Scholar : https://scholar.google.co.id/citations?user=T32rSj4AAAAJ&hl=en

SINTA : https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6200172&view=overview

Referensi

Ahmad, N. A. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja, Pengalaman Kerja, dan Kualifikasi Akademik terhadap Kinerja Guru MTs di Kabupaten Brebes. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(3), 11–22.

Boyd, R. T. C. (2002). Improving Teacher Evaluations. Practical Assessment, Research and Evaluation, 1(7), 8–11. https://doi.org/https://doi.org/10.7275/07f7-hf08

Bukhari, U. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Danial, Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan Antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan, 22(36), 141–156. https://doi.org/doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12

Hartono, H. (2016). Pengaruh Tanggung Jawab Profesi dan Kualifikasi Akademik terhadap Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di MTs Negeri Se-Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Unimuda, 4(3), 237–248.

Maselus, R. P. (2011). Sertifikasi Profesi Guru; Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: Indeks Permata Puri Media.

Rahman, D., & Husain, A. (2020). Motivasi Kerja Guru: Hubungan Realitas Iklim dan Budaya dengan Motivasi Kerja Guru Madrasah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Saud, U. S. (2008). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Sukamto, P. Y. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Komitmen Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Andalan di Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2).

Sulaiman, A. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru MTs di Kota Samarinda. Jurnal Al-Hikmah, 9(3), 368–378.

Tafqihan, Z., & Suryanto, S. (2014). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Komitmen Profesional dan Dampaknya pada Kinerja Serta Kepuasan Kerja Guru Matematika SMP dan MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 285. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2682

Usman, M. U. (2005). Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zangaro, G. (2001). Organizational commitment: A Concept Analysis. Nursing Forum, 36(2).

Diterbitkan
2021-06-15
Bagian
Vol 5 No 1
Abstrak viewed = 846 times