ADMINISTRASI PENDIDIKAN ISLAM DAN SENI MENGELOLANYA

  • Abdul Malik Karim Amrullah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
    (ID)
  • Iffatun Najihah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
    (ID)
Kata Kunci: Administrasi, Pendidikan, Pendidikan Islam, Seni Administrasi

Abstrak

Pengelolaan administrasi pendidikan yang optimal menjadi sangat signifikan dalam menyelaraskan diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep administrasi pendidikan, mengetahui fungsi administrasi pendidikan, mengetahui ruang lingkup administrasi pendidikan, menganalisis seni mengelola administrasi pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dimana penulis mengumpulkan data dari berbagai referensi seperti buku, artikel, dan lain-lain. Pengumpulan data dengan teknik membaca dan mencatat merupakan teknik yang digunakan oleh penulis. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis perspektif Miles dan Huberman, yaitu: 1) Reduksi data; 2) Penyajian data; 3) Penarikan kesimpulan. Hasil dari pasal ini adalah: 1) Poin penting administrasi pendidikan berkaitan dengan pengambilan keputusan dan peraturan perundang-undangan tentang pemanfaatan organisasi secara maksimal; 2) Administrator pendidikan memiliki tiga jenis tanggung jawab etis terhadap diri mereka sendiri, organisasi mereka dan masyarakat; 3) Penyelenggara pendidikan Islam yang baik harus memiliki pengetahuan dan seni administrasi yang mengacu pada budaya dan etika agama Islam sebagai landasan untuk mencapai maksud dan tujuan yang telah ditetapkan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afkari, S. G. (2021). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Beserta Kajian Administrasi yang Berkaitan Dengannya. Jurnal Hikmah, 9(2), 45–62.

Ahmad Afan, Z. (2015). Urgensi Manajemen Pendidikan Islam. Ummul Quro, 5(Jurnal Ummul Qura Vol V, No 1, Maret 2015), 24–37.

Irsyad. (2017). Kajian Administrasi Pendidikan di Dunia Pendidikan. Jurnal Al-Irsyad, Vol VIII(1), 131–138.

Jamal, N., & Syarifah, M. (2018). Pengelolaan Administrasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Kabilah: Journal of Social Community, 3(2), 210–222. https://doi.org/10.35127/kbl.v3i2.3410

Kiral, B. (2020). Ethics in Educational Administration. Educational Administration, 2021, 81–96. https://doi.org/10.4324/9781003115489-6

Kiral, B. (2021). Machine Translated by Google Etika dalam Administrasi Pendidikan Machine Translated by Google. Journal of Public Administration and Government, 0–1.

Malik, A., Amrullah, K., & Online, A. (2022). Administrasi Pendidikan Islam dan Seni Mengelolanya. Evaluasi: Jurnal manajemen Pendidikan Islam, 3, 1–19. http://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.630

Marliani, L. (2019). Sejarah Perkembangan Admnistrasi sebagai Seni dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(4), 252–259.

Mohammady, Z. A. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Budaya Organisasi. Muslim Heritage, 2(2), 407. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v2i2.1118

Patsun, P. (2018). Paradigma Administrasi dalam Pengelolaan Sekolah. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 3(2). https://doi.org/10.37348/cendekia.v1i2.14

Prihati, E. (2011). Teori Administrasi Pendidikan Cet. I. Alfabeta.

Radouche, T. (2020). Faculties’ Ethical Orientation Development: An International Study Of Faculty Behaviors In Ethical. International Journal of Management (IJM), 11(8), 1170–1183. https://doi.org/10.34218/IJM.11.8.2020.106

Rahayuning Tyas, N. (2019). Model Kepemimpinan Pendidikan Nabi Muhammad Saw. Muslim Heritage, 4(2). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v4i2.1851

Riyadi HS, D. E. (2021). Hubungan Kepemimpinan, Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan. 6(2), 47–63.

Setyawati, S. S. S. (2017). Pelaksanaan Administrasi Sekolah Unggul di SMP Negeri 7 Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3(3), 545.

Sudin, M. (2014). Aplikasi Administrasi Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis Dalam Terminologi Kontemporer. Jurnal Tarbawiyah, 11(2), 163–177.

Sutisna, O. (1987). Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Angkasa.

Tomlinson, H. (2004). Educational Leadership Personal Growth for Professional Development. Sage Publications.

Ushansyah. (2017). Pentingnya Administrasi Sekolah Untuk Kemajuan Pendidikan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(27), 13–22.

Usman, A. S. (2014). Meningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(1), 13. https://doi.org/10.22373/jid.v15i1.554

Diterbitkan
2022-06-12
Bagian
Vol 6 No 1
Abstrak viewed = 371 times