ADMINISTRASI PENDIDIKAN ISLAM DAN SENI MENGELOLANYA
Abstrak
Pengelolaan administrasi pendidikan yang optimal menjadi sangat signifikan dalam menyelaraskan diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep administrasi pendidikan, mengetahui fungsi administrasi pendidikan, mengetahui ruang lingkup administrasi pendidikan, menganalisis seni mengelola administrasi pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dimana penulis mengumpulkan data dari berbagai referensi seperti buku, artikel, dan lain-lain. Pengumpulan data dengan teknik membaca dan mencatat merupakan teknik yang digunakan oleh penulis. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis perspektif Miles dan Huberman, yaitu: 1) Reduksi data; 2) Penyajian data; 3) Penarikan kesimpulan. Hasil dari pasal ini adalah: 1) Poin penting administrasi pendidikan berkaitan dengan pengambilan keputusan dan peraturan perundang-undangan tentang pemanfaatan organisasi secara maksimal; 2) Administrator pendidikan memiliki tiga jenis tanggung jawab etis terhadap diri mereka sendiri, organisasi mereka dan masyarakat; 3) Penyelenggara pendidikan Islam yang baik harus memiliki pengetahuan dan seni administrasi yang mengacu pada budaya dan etika agama Islam sebagai landasan untuk mencapai maksud dan tujuan yang telah ditetapkan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Afkari, S. G. (2021). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Beserta Kajian Administrasi yang Berkaitan Dengannya. Jurnal Hikmah, 9(2), 45–62.
Ahmad Afan, Z. (2015). Urgensi Manajemen Pendidikan Islam. Ummul Quro, 5(Jurnal Ummul Qura Vol V, No 1, Maret 2015), 24–37.
Irsyad. (2017). Kajian Administrasi Pendidikan di Dunia Pendidikan. Jurnal Al-Irsyad, Vol VIII(1), 131–138.
Jamal, N., & Syarifah, M. (2018). Pengelolaan Administrasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Kabilah: Journal of Social Community, 3(2), 210–222. https://doi.org/10.35127/kbl.v3i2.3410
Kiral, B. (2020). Ethics in Educational Administration. Educational Administration, 2021, 81–96. https://doi.org/10.4324/9781003115489-6
Kiral, B. (2021). Machine Translated by Google Etika dalam Administrasi Pendidikan Machine Translated by Google. Journal of Public Administration and Government, 0–1.
Malik, A., Amrullah, K., & Online, A. (2022). Administrasi Pendidikan Islam dan Seni Mengelolanya. Evaluasi: Jurnal manajemen Pendidikan Islam, 3, 1–19. http://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.630
Marliani, L. (2019). Sejarah Perkembangan Admnistrasi sebagai Seni dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(4), 252–259.
Mohammady, Z. A. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Budaya Organisasi. Muslim Heritage, 2(2), 407. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v2i2.1118
Patsun, P. (2018). Paradigma Administrasi dalam Pengelolaan Sekolah. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 3(2). https://doi.org/10.37348/cendekia.v1i2.14
Prihati, E. (2011). Teori Administrasi Pendidikan Cet. I. Alfabeta.
Radouche, T. (2020). Faculties’ Ethical Orientation Development: An International Study Of Faculty Behaviors In Ethical. International Journal of Management (IJM), 11(8), 1170–1183. https://doi.org/10.34218/IJM.11.8.2020.106
Rahayuning Tyas, N. (2019). Model Kepemimpinan Pendidikan Nabi Muhammad Saw. Muslim Heritage, 4(2). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v4i2.1851
Riyadi HS, D. E. (2021). Hubungan Kepemimpinan, Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan. 6(2), 47–63.
Setyawati, S. S. S. (2017). Pelaksanaan Administrasi Sekolah Unggul di SMP Negeri 7 Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3(3), 545.
Sudin, M. (2014). Aplikasi Administrasi Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis Dalam Terminologi Kontemporer. Jurnal Tarbawiyah, 11(2), 163–177.
Sutisna, O. (1987). Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Angkasa.
Tomlinson, H. (2004). Educational Leadership Personal Growth for Professional Development. Sage Publications.
Ushansyah. (2017). Pentingnya Administrasi Sekolah Untuk Kemajuan Pendidikan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(27), 13–22.
Usman, A. S. (2014). Meningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(1), 13. https://doi.org/10.22373/jid.v15i1.554
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.