SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA NILAI MENGGUNAKAN APLIKASI RAPOR DIGITAL

  • Rosnina Rosnina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Arifuddin Siraj Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baharuddin Baharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Abstract: Information System of Value Data Processing Using Digital Report Application

This research aims to obtain an overview system of value data processing using the Digital Report Application, a form of value data management through the Digital Report Application, and the constraints of the value data processing system using the Digital Report Application at Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone. This research is qualitative descriptive research using phenomenological approach. The informant determination technique used is purposive. Data collection techniques used are observation, interview, and documentation. Data processing and analysis techniques are carried out through data reduction, data display, and verification or withdrawal of conclusions. Test the validity of the data in this study using source triangulation and techniques. The results of this study showed that the application of value data processing information system using Digital Report Application has been conducted since 2019 at MAN 2 Bone as a means of providing information related to student learning outcomes. Data processing consists of three forms, namely input, processing, and output. The form of filling in Digital Report Application value is more concise when compared to the previous report application used in Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone. In the application Digital Report required expertise in the field of technology. In addition to making it easier to input values, the Digital Report Application has its drawbacks because it has to connect with a dedicated server so that the work can’t be done at home. To be able to work at home, teachers must download some templates and fill out assessments at home.

 

Abstrak: Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Menggunakan Aplikasi Rapor Digital

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sistem pengolahan data nilai menggunakan Aplikasi Rapor Digital, bentuk pengelolaan data nilai melalui Aplikasi Rapor Digital, dan kendala sistem pengolahan data nilai menggunakan Aplikasi Rapor Digital pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi pengolahan data nilai menggunakan Aplikasi Rapor Digital telah dilakukan sejak tahun 2019 di MAN 2 Bone sebagai sarana dalam menyediakan informasi terkait hasil belajar peserta didik. Pengolahan data yang dilakukan terdiri dari tiga bentuk, yaitu input, processing, dan output. Bentuk peng-input-an nilai dalam Aplikasi Rapor Digital lebih mudah jika dibandingkan aplikasi rapor yang digunakan sebelumnya di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone. Dalam penerapan aplikasi Rapor Digital diperlukan keahlian dalam bidang teknologi. Selain mempermudah peng-input-an nilai, Aplikasi Rapor Digital memiliki kekurangan karena harus terhubung dengan server khusus sehingga pengerjaannya tidak dapat dilakukan di rumah. Untuk dapat mengerjakan di rumah, guru harus men-download beberapa template dan mengisi penilaian di rumah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alim, C. (2020). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada MI AL-Mursyidiyyah AL-‘Asyirotussyafi’Iyyah Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Informatika dan Sistem Informasi, 3, 1433–1439.

Alwi, B. M. (2014). Pendidikan Karakter: Solusi Bijak Menyikapi Perilaku Menyimpang Anak. Makassar: Alauddin University Press.

Indonesia, K. A. R. (2018). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3751 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar Pada Madrasah Aliyah (Jakarta (ed.)).

Indonesia, R. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Irmawati, D., & Indrihapsari, Y. (2014). Sistem Informasi Kearsipan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 137–147.

Jogiyanto. (2009). Sistem Teknologi Informasi (III). Yogyakarta: Andi Offest.

Lubis, M. (2011). Evaluasi Pendidikan Nilai Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN. Yogjakarta:Pustaka Pelajar.

Musfah, J. (2012). Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Prenada Media Group.

Ngainun. (2012). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

O’brien, J. A. (2005). Pengantar Sistem Informasi (II). Jakarta: Salemba Empat.

Scott, G. M. (2014). Prinsip-Prinsip Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Supardi, S., Juhji, J., Azkiyah, I., Muqdamien, B., Ansori, A., Kurniawan, I., & Sari, A. F. (2021). The ICT basic skills: Contribution to student social media utilization activities. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 222–229. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20598

Valensia, V., Widyasari, Y. D. L., & Wardhani, K. D. K. (2012). Aplikasi Tutorial Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 1(2).

Widiasworo, E. (2018). Mahir Penelitian Pendidikan Modern: Metode Praktis Penelitian Guru, Dosen dan Mahasiswa Keguruan. Yogyakarta: Araska.

Diterbitkan
2021-12-08
Bagian
Vol 5 No 2
Abstrak viewed = 388 times