DAMPAK MANAJEMEN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN MOTIVASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Setiani Setiani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Titis Miranti Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)

Abstrak

Abstract: Impact of Self Management on Learning Achievement with Self-Motivation as Intervening Variable

This study was conducted to determine the effect of self-management on learning achievement, with self-motivation as an intervening variable. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. The research subjects were students of the Department of Management, Faculty of Economics, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, who had finished taking self-management courses in 2020. The population was 135 students. The sampling technique used was simple random sampling and calculated using the Slovin formula, until a sample of 98 students was obtained. The method used is Structural Equation Modeling with Partial Least Square (PLS) approach. The results of this study indicate that self-management has a significant effect on learning achievement, with self-motivation as an intervening variable. The implication of this research is that students of the Department of Management, Faculty of Economics, Maulana Malik Ibrahim State Islamic University, Malang, who have finished taking self-management courses, are mostly able to manage self-management due to the motivation that continues to be developed within each of them. This has an impact on student achievement.

 

Abstrak: Dampak Manajemen Diri terhadap Prestasi Belajar dengan Motivasi Diri sebagai Variabel Intervening

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh manajemen diri terhadap prestasi belajar dengan motivasi sebagai variabel intervening. Jenis penelitian adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah selesai menempuh mata kuliah manajemen diri Tahun 2020. Populasi sejumlah 135 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan dihitung menggunakan rumus Slovin, hingga diperoleh sampel sebanyak 98 mahasiswa. Metode yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan motivasi diri sebagai variabel intervening. Implikasi penelitian ini yaitu mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah selesai menempuh mata kuliah manajemen diri, sebagian besar mampu mengelola manajemen diri dikarenakan adanya motivasi yang terus dikembangkan dalam diri masing-masing. Hal ini berdampak terhadap prestasi belajar mahasiswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amir. H. (2016). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Unversitas Bengkulu. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(4), 336–342.

Chaplin, J. (2002). Kamus Lengkap Psikologi (K. Kartiko (ed.); Cetakan Ke). Jakarta: PT. Raja Grafika Persada.

Chin, W.W. (1998). The Partial Least Squares Approach for Structural Equation Modelling. NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Covey, S. R. (1997). The 7 Habits of Highly Effective People. London: Simon & Sschuster Inc.

Damanik. (2018). Pengaruh Motivasi dan Pengembangan Diri terhadap Prestasi Kerja Dosen. Jurnal EK& BI, 1(1), 20–28.

Darmawati, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 1(1), 79. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p79-90

Darojah, N. R., & Hadijah, H. S. (2016). Analisis Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3344

Ghali, B. A. A., Habeeb, L. M., & Hamzah, K. D. (2018). Self-Management and Its Relation to Organizational Excellence. International Journal of Engineering and Technology (UAE), 7(4), 47–50. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.7.20378

Hamzah. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V terhadap Prestasi Belajar Matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 134. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.848

Kadiyono, A.L. and Hafiar, H. (2017). The Role of Academic Self-Management in Improving Students’ Academic Achievement. Ideas for 21st Century Education – Abdullah et Al. (Eds). London, Taylor & FGrup Rancis

Malhotra, N.K. (1996). Marketing Research An Applied. Oriented Second Edition. New Jersey: Practice Hall Inc.

Matsani, N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Peran Kemandirian Belajar dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1).

Mustaqim, I. (2020). Pengaruh Kompetensi Dosen, Kurikulum dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(1), 63–75. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i1.67

Novera, D. A., & Thomas, P. (2018). Peran Kontrol Diri dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Berprestasi, Perfeksionisme, dan Kesulitan Ekonomi terhadap Prokrastinasi Akademik (Studi Kasus pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi FE UNNES). Economic Education Analysis Journal, 7(1), 45–58.

Nurwijaya, S. (2019). Hubungan Manajemen Diri dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Watampone Kabupaten Bone. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 88–102. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.178

Puspitasari, Y. S. D., Sugiyo, & Wibowo, M. E. (2019). The Effectiveness of Group Counseling with Self-Management Techniques to Improve the Student Learning Independence. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 15. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jubk.v8i1.26470

Rahmadani, H., Arlizon, R., & Saam, Z. (2014). Self Management Relationship with Student Learning Achievements Semester IV Guidence Counseling University of Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2).

Raza, S. A., Qazi, W., & Yousufi, S. Q. (2020). The Influence of Psychological, Motivational, and Behavioral Factors on University Students’ Achievements: The Mediating Effect of Academic Adjustment. Journal of Applied Research in Higher Education. https://doi.org/10.1108/JARHE-03-2020-0065

Sardiman, A. M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sunadi, L. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–19.

Supriyanto, A.S. & Maharani, V. (2019). Riset Manajemen SDM. Malang: PT Citra Intans Selaras.

Supriyanto, Achmad Sani dan Machfudz, Masyhuri. (2010). Metodologi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UIN-Maliki Press.

Triaristina, A. (2020). Manajemen Diri dan Prestasi Akademik Mahasiswa Semester VIII Sekolah TInggi Ilmu Kesehatan Aisyah Pringsewu. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(1), 16–22.

Uno, H. B. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Diterbitkan
2021-12-11
Bagian
Vol 5 No 2
Abstrak viewed = 570 times