ANALISIS KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19
Abstrak
Wabah Covid-19 sampai saat ini turut memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia Pendidikan, sehingga mayoritas sekolah di Indonesia masih menggunakan sistem pembelajaran daring. Salah satunya yaitu Desa Sumput dan Sarirogo. Implikasi dari beberapa kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah terkait sistem pembelajaran saat pandemi, menuntut kepemimpinan kepala sekolah untuk mendukung pembelajaran daring. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dibuat untuk mengetahui kebijakan kepala sekolah terhadap sistem pembelajaran daring saat pandemi. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner dengan analisis data menggunakan SPSS Versi 16. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan data bahwa bentuk kebijakan yang paling banyak diambil oleh kepala sekolah yaitu pada indikator sumber daya dengan rincian dari 5 kepala sekolah yang terdiri dari SDN Sumput, SDN Sarirogo, MI Nahdlatul Ulama Sarirogo, SMP Islam Terpadu Darul Fikri Sarirogo, dan MA Islam Terpadu Darul Fikri Sarirogo. 3 diantaranya (SDN Sumput, SMP Islam Terpadu Darul Fikri Sarirogo dan MA Islam Terpadu Darul Fikri Sarirogo) memiliki skor tertinggi pada indikator sumber daya, sedangkan bentuk kebijakan paling rendah yaitu pada indikator sosial, ekonomi, dan politik dengan rincian dari 5 kepala sekolah semuanya memiliki skor terendah pada indikator sosial, ekonomi, dan politik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 283. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Engkus, dkk. (2019). Covid-19: Kebijakan Mitigasi Penyebaran dan Dampak Sosial Ekonomi di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1690. https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30820.
Indiani, B. (2020). Mengoptimalkan Proses Pembelajaran dengan Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(3), 227. https://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/55.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Terbitkan Surat Edaran tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). PTM Terbatas Bukan Sekolah Seperti Biasa. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/06/mendikbudristek-ptm-terbatas-bukan-sekolah-seperti-biasa.
Khairuddin. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan “Edukasi,” 8(2), 178. https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/judek/article/view/1161.
Khodijah, S., dan Haq, M. S. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(1), 158. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38605.
Liliek Budiatuti dan Nur Laili Mardhiyani, W. (2020). Komunikasi Empatik dalam Relasi Guru dengan Orang Tua pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Studi pada SD Muhammadiyah 08. Jurnal Sosfilkom, 2(2), 114. https://ojs3.umc.ac.id/index.php/SFK/article/view/1957.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://dx.doi.org/1033096/eljour.v1i2.55.
Muhammad Jailani, S. F. dan D. (2020). Panduan Kepala Sekolah untuk Mengelola Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 15(2), 58. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Noor, T. R. dan E. A. (2021). Strategi Solutif Kepala Sekolah pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di SDN Sumput, Sidoarjo. Jurnal Al- Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, IX(1), 20. https://dx.doi.org/10.31958/jaf.v9i1.2658.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 30 Pasal 2 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta. Diakses dari https://jdih.kemdikbud.go.id.
Ratu, D., Uswatun, A., dan Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 47. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44.
Sawitri, N. W. (2020). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta). Diakses dari https://eprints.ums.ac.id.
Setiawan, H. dan H. J. (2017). Analisis Kualitas Sistem Informasi Pantauan Pembentukan Karakter Siswa Di SMKN 2 Depok Sleman. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 106. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16427.
Suara Surabaya. (2021). Gubernur Belum Putuskan Pembelajaran Tatap Muka di Jatim. Diakses dari https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/gubernur-belum-putuskan-pembelajaran-tatap-muka-di-jatim/.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syariatudin. (2019). Implementasi Kebijakan Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap di Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Katalogis, 7(4), 370.
Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur. (2021). Tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat untuk Mengendalikan Penyebaran Covid-19. Nomor 188/7/KPTS/031/2021. Diakses dari http://dokumjdih.jatimprov.go.id.
Tribunnews. (2021). Dindik Jatim Belum Bisa Pastikan Kapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka untuk Jenjang SMA/SMK. Diakses dari https://surabaya.tribunnews.com/2021/03/09/dindik-jatim-belum-bisa-pastikan-kapan-pelaksanaan-pembelajaran-tatap-muka-untuk-jenjang-smasmk.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.