ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE BERDASARKAN END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) SELAMA PANDEMI COVID -19

  • Muhammad Helmy Reza Universitas Islam Negeri Mataram
    (ID)
  • Fatana Suastrini Universitas Islam Negeri Mataram
    (ID)
Kata Kunci: Kepuasan, Pembelajaran Online, End User Computing Satisfaction

Abstrak

Pandemi Covid-19 membuat lembaga-lembaga pendidikan mengubah cara mereka dalam melaksanakan proses kegiatan belajar-mengajar. Proses kegiatan belajar-mengajar berubah dari tatap muka secara langsung menjadi belajar-mengajar dalam jaringan (daring). Kebutuhan akan sistem yang dapat menunjang perubahan proses ini sangat dibutuhkan. Menanggapi kebutuhan itu, Universitas Islam Negeri Mataram sebagai salah satu lembaga pendidikan, memanfaatkan sistem yang dimiliki, yaitu aplikasi Learning Management System (LMS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan mahasiswa terhadap sistem aplikasi LMS itu, yang didasarkan pada model End User Computing Satisfaction (EUCS). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Universitas Islam Negeri Mataram. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang berjumlah 90 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa merasa cukup puas dengan sistem aplikasi LMS yang digunakan dalam menunjang proses kegiatan proses belajar-mengajar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adijaya, N. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(2), 105–110. https://doi.org/10.31294/w.v10i2.3931

Andilala, & Marhalim. (2019). Aplikasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pseudocode, 6(2), 172–180. https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.2.172-180

Arifin, J. (2018). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi (kedua). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Darmawan, F. (2015). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemanfaatan E-Learning (Studi Kasus: E-Learning IF UNPAS). Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 7(4), 63–71. https://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1378

Hartati, E., Indriyani, R., & Trianingsih, I. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Website SMK Negeri 2 Palembang Menggunakan Regresi Linear Berganda. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 20(1), 47–58. https://doi.org/10.30812/matrik.v20i1.736

Irawati, D. Y., & Jonatan, J. (2020). Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Fakultas Teknik, Universitas Katolik Darma Cendika. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 9(2), 135–144. https://doi.org/10.26593/jrsi.v9i2.4014.135-144

Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Provinsi Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, IV(2), 200–209. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945

Marlina, M.-, Santoso, Y. P., Kelvin, K.-, & Andry, J. F. (2019). Analisis Pengaruh Website Fashion Macadamia House Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknoinfo, 13(2), 63. https://doi.org/10.33365/jti.v13i2.215

Munap, R., Ahmad, S. N. B., Hamid, S. A., & Talib Beg, M. F. B. M. (2018). The Influence of End User Computing System (EUCS) on User Satisfaction: The Case of a Logistic and Courier Service Company. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 5(12), 5103–5110. https://doi.org/10.18535/ijsshi/v5i12.03

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(2), 188–197. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.25286

Prasetyo, T., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kepercayaan dan Kepuasan Penggunaan Lms Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2),162-170. https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2349

Purwandani, I. (2018). Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-learning dengan Menggunakan End User Computing (EUC) Satisfaction Studi Kasus: Akademi Bina Sarana Informatika. Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT), 1(1), 112–117.

Redaputri, A. P., Prastyo, Y. D., & Barusman, M. Y. S. (2021). Analisis Kepuasan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5463

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Saputra, A., & Susiana, S. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Learning Management System (LMS): Pengaruh Lokasi, Perangkat dan Analisis Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 25(1), 81. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3591

Suaryana, I. G. N. A., Damayanthi, E., & Merkusiwati, L. (2017). Kualitas dan Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 11(2), 84. https://doi.org/10.24843/jiab.2016.v11.i02.p03

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D): Bandung. Alfabeta.

Ulinuha, G., & Novitaningtyas, I. (2021). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Berdasarkan End User Computing Satisfaction. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v2i1.3321

Diterbitkan
2022-12-04
Bagian
Vol 6 No 2
Abstrak viewed = 244 times