MENGELOLA KINERJA DOSEN DENGAN MENGGUNAKAN SURVEI KEPUASAN MAHASISWA

  • Muizzudin Muizzudin Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Islamic Village Tangerang Provinsi Banten
    (ID)
Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Kepuasan Mahasiswa, Kinerja, Dosen

Abstrak

Dosen mempunyai peran yang sangat signifikan dalam pendidikan. Mengelola kinerja dosen dapat memberikan efek yang baik pada mutu proses dan hasil pengajaran. Ada banyak pendekatan untuk mengelola kinerja dosen. Salah satu yang pantas dipertimbangkan adalah umpan balik mahasiswa yang dipadukan dengan salah satu konsep pemasaran ‘kepuasan pelanggan’ karena mahasiswa juga pelanggan. Konsep kepuasan mahasiswa sangat luas yang mencakup dari fasilitas-fasilitas sampai dosen. Penelitian ini hanya fokus pada mengelola kinerja dosen berdasarkan kepuasan mahasiswa terhadap apa yang biasanya dosen lakukan dalam hal pengajaran dan pembelajaran. Data dikumpulkan dari angket yang disediakan untuk mahasiswa. Hasil riset diharapkan dapat memetakan kelemahan dan kekuatan dosen dalam empat klasifikasi: pertama, apa yang dosen harus tingkatkan karena kinerja dosen yang dipersepsi oleh mahasiswa adalah rendah dan harapan mahasiswa tinggi; kedua, apa yang dosen harus terus pertahankan karena kinerja dosen dan harapan mahasiswa pada saat yang bersamaan sudah tinggi; ketiga, apa yang mestinya dosen pertahankan tetapi pantas mempertimbangkan lagi karena kinerja dosen rendah dan harapan mahasiswa juga rendah; keempat, apa yang dosen sudah laksanakan dengan baik dan perlu mempertimbangkan untuk mengurangi penekanan karena kinerja dosen sudah baik tetapi harapan mahasiswa rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan empat klasifikasi ini kinerja dosen dapat dikelola dengan baik. Efek dari penelitian ini adalah dosen dapat menjalankan evaluasi tindakan yang terencana untuk meningkatkan kinerja.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Angell, R. J., Heffernan, T. W., & Megicks, P. (2008). Service Quality in Postgraduate Education. Quality Assurance in Education, 16(3), 236–254. https://doi.org/10.1108/09684880810886259

Arambewela, R., & Hall, J. (2006). A Comparative Analysis of International Education Satisfaction Using SERVQUAL. Journal of Services Research, 6, 141–163. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=buh&AN=22535699&site=ehost-live

Curran, J. M., & Rosen, D. E. (2006). Student Attitudes toward College Courses: An Examination of Influences And Intentions. Journal of Marketing Education, 28(2), 135–148. https://doi.org/10.1177/0273475306288401

Deng, J., & Pierskalla, C. D. (2018). Linking importance-Performance Analysis, Satisfaction, and Loyalty: A Study of Savannah, GA. Sustainability (Switzerland), 10(3). https://doi.org/10.3390/su10030704

Law of the Republic of Indonesia Number 14 Year 2005 concerning Teachers and Lecturers, Pub. L. No. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia 2 (2005).

Frankel, R., & Swanson, S. R. (2002). The Impact of Faculty-Student Interactions on Teaching Behavior: An Investigation of Perceived Student Encounter Orientation, Interactive Confidence, and Interactive Practice. Journal of Education for Business, 78(2), 85–91. https://doi.org/10.1080/08832320209599703

Hamidi, A. L., Suwito, Muttaqin, A., Rochman, K. L., Aziz, S., Dienasari, R., Kurniawan, R. D., & Nursalim. (2015). Pedoman Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Kemahasiswaan. Krisnadwipayana International Journal of Management Studies, 1(2), 1-13.

Husada Tarigan, Z. J., Sutapa, N., Mochta, J., & Suprapto, W. (2019). Measuring teachers’ competency in determining students’ satisfaction through electronic internet survey method. International Journal of Information and Education Technology, 9(3), 236–240. https://doi.org/10.18178/ijiet.2019.9.3.1206

Kartika, E. A., Ibrahim, M. M., & Tahir, Y. (2020). Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Pada Program Full Day School Di SMAN 22 Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 16. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.12207

Koni, A., Zainal, K., & Ibrahim, M. (2013). An Assessment of the Services Quality of Palestine Higher Education. International Education Studies, 6(2), 33–48.

Kotler, P., Keller, K. L., Manceau, D., & Dubois, B. (2016). Marketing Management (15e ed.). Pearson Education.

Kunanusorn, A., & Puttawong, D. (2015). The Mediating Effect Of Satisfaction On Student Loyalty To Higher Education Institution. European Scientific Journal, 1(October), 449–463.

Kurniawan, D., & Karim, A. (2020). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Terhadap Status Akreditasi Di SMK Negeri Se-Kota Jayapura. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 30. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.10913

Milner, R., & Furnham, A. (2017). Measuring Customer Feedback, Response and Satisfaction. Psychology, 08(03), 350–362. https://doi.org/10.4236/psych.2017.83021

Saifuddin, & Sunarsih. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Az Zarqa': Jurnal Hukum Bisnis Islam, 8(2), 177–216.

Santini, F. de O., Ladeira, W. J., Sampaio, C. H., & da Silva Costa, G. (2017). Student satisfaction in higher education: a meta-analytic study. Journal of Marketing for Higher Education, 27(1), 1–18. https://doi.org/10.1080/08841241.2017.1311980

Stodnick, M., & Rogers, P. (2008). Using SERVQUAL to Measure the Quality of the Classroom Experience. Decision Sciences Journal of Innovative Education, 6.

Wiratna Sujarweni, V. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Xiao, J., & Wilkins, S. (2015). The Effects of Lecturer Commitment on Student Perceptions of Teaching Quality and Student Satisfaction in Chinese Higher Education. Journal of Higher Education Policy and Management, 37(1), 98–110. https://doi.org/10.1080/1360080X.2014.992092

Yusoff, M., Mcleay, F., & Woodruffe-Burton, H. (2015). Quality Assurance in Education Dimensions Driving Business Student Satisfaction in Higher Education. Quality Assurance in Education, 23(1), 5–19. https://doi.org/10.1108/QAE-08-2013-0035

Diterbitkan
2022-12-04
Bagian
Vol 6 No 2
Abstrak viewed = 168 times