MENGELOLA KINERJA DOSEN DENGAN MENGGUNAKAN SURVEI KEPUASAN MAHASISWA
Abstrak
Dosen mempunyai peran yang sangat signifikan dalam pendidikan. Mengelola kinerja dosen dapat memberikan efek yang baik pada mutu proses dan hasil pengajaran. Ada banyak pendekatan untuk mengelola kinerja dosen. Salah satu yang pantas dipertimbangkan adalah umpan balik mahasiswa yang dipadukan dengan salah satu konsep pemasaran ‘kepuasan pelanggan’ karena mahasiswa juga pelanggan. Konsep kepuasan mahasiswa sangat luas yang mencakup dari fasilitas-fasilitas sampai dosen. Penelitian ini hanya fokus pada mengelola kinerja dosen berdasarkan kepuasan mahasiswa terhadap apa yang biasanya dosen lakukan dalam hal pengajaran dan pembelajaran. Data dikumpulkan dari angket yang disediakan untuk mahasiswa. Hasil riset diharapkan dapat memetakan kelemahan dan kekuatan dosen dalam empat klasifikasi: pertama, apa yang dosen harus tingkatkan karena kinerja dosen yang dipersepsi oleh mahasiswa adalah rendah dan harapan mahasiswa tinggi; kedua, apa yang dosen harus terus pertahankan karena kinerja dosen dan harapan mahasiswa pada saat yang bersamaan sudah tinggi; ketiga, apa yang mestinya dosen pertahankan tetapi pantas mempertimbangkan lagi karena kinerja dosen rendah dan harapan mahasiswa juga rendah; keempat, apa yang dosen sudah laksanakan dengan baik dan perlu mempertimbangkan untuk mengurangi penekanan karena kinerja dosen sudah baik tetapi harapan mahasiswa rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan empat klasifikasi ini kinerja dosen dapat dikelola dengan baik. Efek dari penelitian ini adalah dosen dapat menjalankan evaluasi tindakan yang terencana untuk meningkatkan kinerja.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Angell, R. J., Heffernan, T. W., & Megicks, P. (2008). Service Quality in Postgraduate Education. Quality Assurance in Education, 16(3), 236–254. https://doi.org/10.1108/09684880810886259
Arambewela, R., & Hall, J. (2006). A Comparative Analysis of International Education Satisfaction Using SERVQUAL. Journal of Services Research, 6, 141–163. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=buh&AN=22535699&site=ehost-live
Curran, J. M., & Rosen, D. E. (2006). Student Attitudes toward College Courses: An Examination of Influences And Intentions. Journal of Marketing Education, 28(2), 135–148. https://doi.org/10.1177/0273475306288401
Deng, J., & Pierskalla, C. D. (2018). Linking importance-Performance Analysis, Satisfaction, and Loyalty: A Study of Savannah, GA. Sustainability (Switzerland), 10(3). https://doi.org/10.3390/su10030704
Law of the Republic of Indonesia Number 14 Year 2005 concerning Teachers and Lecturers, Pub. L. No. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia 2 (2005).
Frankel, R., & Swanson, S. R. (2002). The Impact of Faculty-Student Interactions on Teaching Behavior: An Investigation of Perceived Student Encounter Orientation, Interactive Confidence, and Interactive Practice. Journal of Education for Business, 78(2), 85–91. https://doi.org/10.1080/08832320209599703
Hamidi, A. L., Suwito, Muttaqin, A., Rochman, K. L., Aziz, S., Dienasari, R., Kurniawan, R. D., & Nursalim. (2015). Pedoman Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Kemahasiswaan. Krisnadwipayana International Journal of Management Studies, 1(2), 1-13.
Husada Tarigan, Z. J., Sutapa, N., Mochta, J., & Suprapto, W. (2019). Measuring teachers’ competency in determining students’ satisfaction through electronic internet survey method. International Journal of Information and Education Technology, 9(3), 236–240. https://doi.org/10.18178/ijiet.2019.9.3.1206
Kartika, E. A., Ibrahim, M. M., & Tahir, Y. (2020). Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Pada Program Full Day School Di SMAN 22 Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 16. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.12207
Koni, A., Zainal, K., & Ibrahim, M. (2013). An Assessment of the Services Quality of Palestine Higher Education. International Education Studies, 6(2), 33–48.
Kotler, P., Keller, K. L., Manceau, D., & Dubois, B. (2016). Marketing Management (15e ed.). Pearson Education.
Kunanusorn, A., & Puttawong, D. (2015). The Mediating Effect Of Satisfaction On Student Loyalty To Higher Education Institution. European Scientific Journal, 1(October), 449–463.
Kurniawan, D., & Karim, A. (2020). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Terhadap Status Akreditasi Di SMK Negeri Se-Kota Jayapura. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 30. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.10913
Milner, R., & Furnham, A. (2017). Measuring Customer Feedback, Response and Satisfaction. Psychology, 08(03), 350–362. https://doi.org/10.4236/psych.2017.83021
Saifuddin, & Sunarsih. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Az Zarqa': Jurnal Hukum Bisnis Islam, 8(2), 177–216.
Santini, F. de O., Ladeira, W. J., Sampaio, C. H., & da Silva Costa, G. (2017). Student satisfaction in higher education: a meta-analytic study. Journal of Marketing for Higher Education, 27(1), 1–18. https://doi.org/10.1080/08841241.2017.1311980
Stodnick, M., & Rogers, P. (2008). Using SERVQUAL to Measure the Quality of the Classroom Experience. Decision Sciences Journal of Innovative Education, 6.
Wiratna Sujarweni, V. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Xiao, J., & Wilkins, S. (2015). The Effects of Lecturer Commitment on Student Perceptions of Teaching Quality and Student Satisfaction in Chinese Higher Education. Journal of Higher Education Policy and Management, 37(1), 98–110. https://doi.org/10.1080/1360080X.2014.992092
Yusoff, M., Mcleay, F., & Woodruffe-Burton, H. (2015). Quality Assurance in Education Dimensions Driving Business Student Satisfaction in Higher Education. Quality Assurance in Education, 23(1), 5–19. https://doi.org/10.1108/QAE-08-2013-0035
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.