KEPUASAN MAHASISWA UBJJ-UT BANDUNG TERHADAP MANAJEMEN PENGELOLAAN BIMBINGAN AKADEMIK PRAKTIKUM SELAMA PANDEMI TAHUN 2021
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pengelolaan bimbingan akademik bagi mahasiswa peserta praktikum. Fungsi manajemen pembimbingan akademik yang dianalisis sebanyak lima fungsi, terdiri dari pengorganisasian, perencanaan, pengawasan, komunikasi dan pengarahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 mahasiswa peserta praktikum 2021 di UPBJJ-UT Bandung. Instrumen yang digunakan dalam bentuk kuesioner skala likert dengan total 20 butir pernyataan. Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa nilai rata-rata dari 20 pernyataan mendekati nilai maksimum (5). Kesimpulan yang diperoleh yaitu manajemen pengelolaan praktikum di UPBJJ-UT Bandung sudah memadai dan sesuai dengan yang diharapkan. Adapun pendapat mahasiswa tentang kelengkapan praktikum, masih layak untuk digunakan selama kegiatan praktikum.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abbas, S. (2008). Manajemen Perguruan Tinggi. Bandung: Kencana.
Badar, D. S., & Karsiwan, W. (2021). Survey Kepuasan Mahasiswa atas Layanan Manajemen Pendidikan di STKIP Muhammadiyah Bogor Tahun 2020. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 182–188.
Bhakti, Y. B., & Rahmawati, E. Y. (2018). Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Program Studi Pendidikan Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 279.
Brantas. (2009). Dasar-dasar manajemen. Bandung: Alfabeta.
Brinthaupt, et al.,. (2011). What the Best Online Teachers Should Do. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(4), 512-524.
Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133.
Couper, W., & Stevens, B. (1998). Towards a new model of industrial partnership. Human Resource Management: The New Agenda. London: Financial Times Pitman Publishing, 145–159.
Djamal, N. N., & Chodijah, M. (2018). Manajemen Bimbingan Akademik di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya, 3(1), 45–53.
Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti.
Feriyanto, A., & Endang, T. S. (2015). Pengantar Manajemen. Kebumen: Penerbit Mediatera.
Hartati, R., & Syafrida, S. (2020). Bersama Melawan Virus Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(6), 495-508.
Huxham, C. (2003). Theorizing Collaboration Practice. Public Management Review, 5(3), 401–423.
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
McQuaid, R. W. (2010). The New Public Governance? Theory of Organizational Partnerships: Partnership Advantages, Disadvantages and Success Factors. Routledge. 143-164.
Memon, et al.,. (2020). Sample Size for Survey Research: Review and Recommendations. Journal of Applied Structural Equation Modeling, 4(2), 1–20.
Nahadi, & Firman, H. (2019). Asesmen Pembelajaran Kimia. Bandung: UPI Press.
Nana, S., & Ahmad, R. (1997). Media Pengajaran Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar baru.
Prasetyaningrum, I. D. (2009). Analisis Pengaruh Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa (Studi Kasus pada Undaris Ungaran). Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
Rahmawati, A. D. (2018). Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(1), 52–60.
Republik Indonesia. (1989). Undang-Undang No. 2 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 77–92.
Suminar, R., & Apriliawati, M. (2018). Pelayanan Prima pada Orang Tua Siswa di Sempoa Sip Tc Paramount Summarecon. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 4(2), 25.
Suwandi, I. (1997). Peranan dan Fungsi Penasehat Akademik. Makalah Pelatihan Dosen Penasehat Akademik IKIP Malang.
Wahyu, M. N., Sutiarso, S., & Bharata, H. (2020). Pembelajaran Soft Skill Komunikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 406–413.
Widodo, A., & Permatasari, D. A. (2020). Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Bekasi dalam Program Bekasi Smart City. ETTISAL: Journal of Communication, 5(1), 79–89.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.