KEPUASAN MAHASISWA UBJJ-UT BANDUNG TERHADAP MANAJEMEN PENGELOLAAN BIMBINGAN AKADEMIK PRAKTIKUM SELAMA PANDEMI TAHUN 2021

  • Maman Sudirman Universitas Terbuka
    (ID)
  • Angga Sucitra Hendrayana Universitas Terbuka
    (ID)
  • Dina Thaib Universitas Terbuka
    (ID)
Kata Kunci: Manajemen, Praktikum, Bimbingan Akademik, UPBJJ-UT

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pengelolaan bimbingan akademik bagi mahasiswa peserta praktikum. Fungsi manajemen pembimbingan akademik yang dianalisis sebanyak lima fungsi, terdiri dari pengorganisasian, perencanaan, pengawasan, komunikasi dan pengarahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 mahasiswa peserta praktikum 2021  di UPBJJ-UT Bandung. Instrumen yang digunakan dalam bentuk kuesioner skala likert dengan total 20 butir pernyataan. Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa nilai rata-rata dari 20 pernyataan mendekati nilai maksimum (5). Kesimpulan yang diperoleh yaitu manajemen pengelolaan praktikum di UPBJJ-UT Bandung sudah memadai dan sesuai dengan yang diharapkan. Adapun pendapat mahasiswa tentang kelengkapan praktikum, masih layak untuk digunakan selama kegiatan praktikum.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Biologi

##submission.authorWithAffiliation##

Manajemen

##submission.authorWithAffiliation##

Matematika

Referensi

Abbas, S. (2008). Manajemen Perguruan Tinggi. Bandung: Kencana.

Badar, D. S., & Karsiwan, W. (2021). Survey Kepuasan Mahasiswa atas Layanan Manajemen Pendidikan di STKIP Muhammadiyah Bogor Tahun 2020. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 182–188.

Bhakti, Y. B., & Rahmawati, E. Y. (2018). Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Program Studi Pendidikan Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 279.

Brantas. (2009). Dasar-dasar manajemen. Bandung: Alfabeta.

Brinthaupt, et al.,. (2011). What the Best Online Teachers Should Do. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(4), 512-524.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133.

Couper, W., & Stevens, B. (1998). Towards a new model of industrial partnership. Human Resource Management: The New Agenda. London: Financial Times Pitman Publishing, 145–159.

Djamal, N. N., & Chodijah, M. (2018). Manajemen Bimbingan Akademik di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya, 3(1), 45–53.

Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti.

Feriyanto, A., & Endang, T. S. (2015). Pengantar Manajemen. Kebumen: Penerbit Mediatera.

Hartati, R., & Syafrida, S. (2020). Bersama Melawan Virus Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(6), 495-508.

Huxham, C. (2003). Theorizing Collaboration Practice. Public Management Review, 5(3), 401–423.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

McQuaid, R. W. (2010). The New Public Governance? Theory of Organizational Partnerships: Partnership Advantages, Disadvantages and Success Factors. Routledge. 143-164.

Memon, et al.,. (2020). Sample Size for Survey Research: Review and Recommendations. Journal of Applied Structural Equation Modeling, 4(2), 1–20.

Nahadi, & Firman, H. (2019). Asesmen Pembelajaran Kimia. Bandung: UPI Press.

Nana, S., & Ahmad, R. (1997). Media Pengajaran Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar baru.

Prasetyaningrum, I. D. (2009). Analisis Pengaruh Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa (Studi Kasus pada Undaris Ungaran). Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Rahmawati, A. D. (2018). Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(1), 52–60.

Republik Indonesia. (1989). Undang-Undang No. 2 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 77–92.

Suminar, R., & Apriliawati, M. (2018). Pelayanan Prima pada Orang Tua Siswa di Sempoa Sip Tc Paramount Summarecon. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 4(2), 25.

Suwandi, I. (1997). Peranan dan Fungsi Penasehat Akademik. Makalah Pelatihan Dosen Penasehat Akademik IKIP Malang.

Wahyu, M. N., Sutiarso, S., & Bharata, H. (2020). Pembelajaran Soft Skill Komunikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 406–413.

Widodo, A., & Permatasari, D. A. (2020). Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Bekasi dalam Program Bekasi Smart City. ETTISAL: Journal of Communication, 5(1), 79–89.

Diterbitkan
2022-12-04
Bagian
Vol 6 No 2
Abstrak viewed = 182 times