MENGULIK TAHAPAN DAN POTENSI PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS

  • M. Fikri Nurhidayat Universitas Negeri Semarang
    (ID)
  • Masrukan Universitas Negeri Semarang
    (ID)
  • Ani Rusilowati Universitas Negeri Semarang
    (ID)
Kata Kunci: Supervisi Klinis, Tahapan Supervisi Klinis, Potensi Supervisi Klinis

Abstrak

Abstrak: Mengulik Tahapan dan Potensi Pelaksanaan Supervisi Klinis

Guru menjadi pilar penting pendidikan. Bimbingan dan pembinaan terhadap guru dalam bentuk supervisi semestinya dilaksanakan dengan baik. Salah satu jenis supervisi yang dapat dilakukan adalah supervisi klinis. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan tahapan supervisi klinis, dan menganalisis potensi pelaksanaan supervisi klinis. Penelitian ini merupakan penelitian kajian literatur yang dilaksanakan dengan empat tahap yaitu pencarian referensi, identifikasi, diskusi, dan penarikan kesimpulan. Literatur yang dikaji sebanyak 20 artikel dan 7 buku yang bertaraf nasional maupun internasional. Hasil penelitian menunjukkan 1) Tahapan supervisi klinis meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; 2)  Potensi pelaksanaan supervisi klinis sangat baik karena mampu meningkatkan kompetensi pedagogik, dan kompetensi instruksional sehingga menghasilkan guru yang profesional. Dapat disimpulkan bahwa supervisi klinis menjadi bagian penting dalam pengembangan profesionalitas guru.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Achmad, S., & Miolo, S. (2021). Preparing Prospective and Sustainable Efl Professional Teacher Development by Applying Blended Lesson Study and Clinical Supervision. European Journal of Educational Research, 10(3), 1449–1470.

Asdhiani, Y., Saptono, A., & Komarudin. (2021). Multifaceted Rasch Analysis for Clinical Supervision Instrument Assessment of Islamic Religious Education Teachers. Psychology and Education Journal, 58(1), 4590–4603. https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.1573

Bello, A. T., & Olaer, J. H. (2020). The Influence of Clinical Supervision on the Instructional Competence of Secondary School Teachers. Asian Journal of Education and Social Studies, 12(3), 42–50. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v12i330314

Bencherab, A., & Al Maskari, A. (2021). Clinical Supervision: A Genius Tool for Teachers’ Professional Growth the Universal Academic Research Journal, 3(2), 51–57. https://doi.org/10.17220/tuara.2021.02.11

Bernard, J. M., & Goodyear, R. K. (2014). Fundamentals of Clinical Supervision (5th ed.). London: Pearson.

Gani, A. (2021). Improving the Ability of Implementing Fun-Based Learning Through Structured Clinical Supervision on Mathematics Teachers at SMA Negeri 1 Barru, Indonesia. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 3(2), 195–202. https://doi.org/10.35877/454ri.asci163

Ghavifekr, S., Husain, H., Rosden, N. A., & Hamat, Z. W. (2019). Clinical Supervision: Towards Effective Classroom Teaching. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 7(4), 30–42.

Hafsah. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SMP Negeri 2 Sampoiniet. Serambi Konstruktivis, 3(3), 50–61.

Imelda. (2020). Meningkatnya Kemampuan Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran dengan Adanya Supervisi Klinis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 229–240.

Jaini, A. (2021). Meningkatkan Kompetensi Guru Matematika dalam Menerapkan Model PAKEM melalui Supervisi Klinis. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.9277

Khaef, E., & Karimnia, A. (2021). the Effects of Implementing Clinical Supervision Model on Supervisors ’ Teaching Perspectives and Qualifications : a Case Study in an Efl Context. Hindawi: Education Research International, 2021(6138873), 1–11.

Mariyem. (2021). Penerapan Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Mengembangkan Instrumen Tes Evaluasi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 6(1), 59–73.

Massiah, A., & James, F. (2020). Does Clinical Supervision Work? The Stories of Two Teachers Empowered to Adopt Student-Centred Teaching Strategies in the Classroom Through a Clinical Supervision Intervention. Caribbean Curriculum, 27, 105–112.

Meydan, B. (2020). Turkish First-Time Supervisees’ Disclosure and nondisclosure in Clinical Supervision. Qualitative Research in Education, 9(1), 1–31. https://doi.org/10.17583/qre.2020.4304

Nasution, I. (2021). Supervisi Pendidikan. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Nasution, L., Suparmin, S., & Siregar, G. (2020). Supervisi Akademik Pengawas: Teori dan Aplikasi Melalui Mutu Pendidikan. Medan: CV. Sentosa Deli Mandiri.

Nnorom, S. U., Nwogbo, V. N., & Anachuna, O. N. (2021). Extent of the Use of Clinical Supervision Model for Teaching Practice Supervision in Imo State University, Owerri. Isagoge - Journal of Humanities and Social Sciences, 1(1), 185–208. https://doi.org/10.20952/jrks2112740

Rahman, N. (2019). Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Madrasah Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Palembang. Palembang: Noer Fikri Offset.

Rahmat, A., Badu, R., & Djibu, R. (2020). Implementation of Clinical Supervision to Improve Teacher Performance in Managing Learning in Tk Dungaliyo Gorontalo District. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology, 7(9), 67–74.

Ranjawali, R. M., Iriani, A., & Wasitohadi. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Peningkatan Standar Proses Dikalangan Guru-Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pandawai. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1), 52–59.

Risnita. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru SMAN I Pangkalan Kerinci dengan Penerapan Supervisi Klinis Teman Sejawat. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 125–135.

Rohmatika, R. V. (2018). Model Supervisi Klinis Terpadu Untuk Peningkatan Kinerja Guru Madrasah Aliyah. Yogyakarta: Idea Press.

Rugaiyah, R., Kustandi, C., Rahmawati, D., & Fadhillah, D. N. (2021). The Improvement of Elementary School Teachers through Web- Based Clinical Supervision. International Journal of Web-Based Learning and Teaching Technologies, 16(5), 158–170. https://doi.org/10.4018/IJWLTT.20210901.oa9

Saputra, A., & Endaryono. (2020). Penerapan Supervisi Klinis guna Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Matematika. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 229–239.

Scaife, J. (2019). Supervision in Clinical Practice: A Practitioner’s Guide. New York: Routledge.

Watkins Jr, C. E., & Milne, D. L. (2014). the Wiley international handbook of clinical supervision. Chichester: John Wiley & Sons.

Williams, J., Baksh, T. A., & James, F. (2019). Transforming Teachers’ Instructional Practices through Clinical Supervision. Caribbean Curriculum, 26, 131–152.

Diterbitkan
2022-06-09
Bagian
Vol 6 No 1
Abstrak viewed = 253 times