KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU

  • Riska Jayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Arifuddin Siraj Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Achruh Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Danial Rahman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja Guru

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah, kepuasan kerja guru, dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMA Negeri 20 Bone. Penelitian ini menggunakan jenis field research dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang guru yang diambil secara keseluruhan dengan pertimbangan jumlahnya yang relatif kecil. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket yang disebar kepada responden penelitian. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis menggunakan statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: realitas kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 20 Bone berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 56,7%; realitas kepuasan kerja guru di SMA Negeri 20 Bone berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 53,3%; dan kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan kerja guru. Besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMA Negeri 20 Bone adalah 27,5%. Hal tersebut mengindikasikan bahwa tingkat pengaruh yang dihasilkan cukup tinggi. Dengan demikian, semakin baik kepemimpinan visioner yang diterapkan oleh kepala sekolah, semakin memberikan kontribusi terhadap kepuasan kerja guru.  

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Akilah, F., & Rahman, D. (2020). Telaah Fungsional Konsepsi Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 187–196. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.998

Ambarita, A. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Garaha Ilmu.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45.

Baharuddin, & Nursita, Lisa. (2020). Kepemimpinan dalam Supervisi Pendidikan di Madrasah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, IV(2), 249–255. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16798

Baihaqi, M. I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Ma Ma’Arif Selorejo Blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 7(2), 97–106. https://doi.org/10.30957/konstruk.v7i2.14

Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12

Hidayat, R., & Patras, Y. E. (2020). Kepuasan Kerja Guru dan Peran Kepemimpinan Pendidikan: Survei Guru Di Bogor Dan Sekitarnya. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(1). https://doi.org/10.26877/jmp.v9i1.6835

Ilyasir, F. (2016). Kepuasan Kerja Kepuasan Kerja dan Dampaknya Terhadap Profesionalisme Guru. LITERASI Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 143–152.

Maharani, s. (2019, March 6). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Ideal. https://doi.org/10.31227/osf.io/db78w

Mukhtar. (2017). Kepuasan Kerja Guru. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan.

Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 1(1), 283-286.

Noor, J. (2013). Penelitian Ilmu Manajemen: Tinjauan Filosofis dan Praktis. Jakarta: Kencana.

Rahman, D., & Akbar, A. R. (2021). Problematika yang Dihadapi Lembaga Pendidikan Islam sebagai Tantangan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 1(1), 76–89.

Rizkita, K., & Supriyanto, A. (2020). Komparasi kepemimpinan pendidikan di Indonesia dan Malaysia dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 155–164. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.32362

Ruvendi, R. (2018). Imbalan Dan Gaya Kepemimpinan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Balai Besar Industri Hasil Pertanian Bogor. Jurnal Ilmiah Binaniaga, 1(01), 17. https://doi.org/10.33062/jib.v1i01.146

Sonedi. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru. Pendidikan, Pedagogik Jurnal, 11(2), 134–145.

Syafrida. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Manajer Pendidikan, 9(5), 679–685. https://doi.org/10.21009/jmp.08117

Syamsudduha, S., Yunus, A. R., & Rahman, D. (2020). Tinjauan Riset Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar (Analisis Kecenderungan dan Bidang Kajian Penelitian Mahasiswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 273. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.17731

Tambunan, T. S. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Garaha Ilmu.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Diterbitkan
2022-06-09
Bagian
Vol 6 No 1
Abstrak viewed = 226 times