KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah, kepuasan kerja guru, dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMA Negeri 20 Bone. Penelitian ini menggunakan jenis field research dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang guru yang diambil secara keseluruhan dengan pertimbangan jumlahnya yang relatif kecil. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket yang disebar kepada responden penelitian. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis menggunakan statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: realitas kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 20 Bone berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 56,7%; realitas kepuasan kerja guru di SMA Negeri 20 Bone berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 53,3%; dan kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan kerja guru. Besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMA Negeri 20 Bone adalah 27,5%. Hal tersebut mengindikasikan bahwa tingkat pengaruh yang dihasilkan cukup tinggi. Dengan demikian, semakin baik kepemimpinan visioner yang diterapkan oleh kepala sekolah, semakin memberikan kontribusi terhadap kepuasan kerja guru.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Akilah, F., & Rahman, D. (2020). Telaah Fungsional Konsepsi Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 187–196. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.998
Ambarita, A. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Garaha Ilmu.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45.
Baharuddin, & Nursita, Lisa. (2020). Kepemimpinan dalam Supervisi Pendidikan di Madrasah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, IV(2), 249–255. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16798
Baihaqi, M. I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Ma Ma’Arif Selorejo Blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 7(2), 97–106. https://doi.org/10.30957/konstruk.v7i2.14
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12
Hidayat, R., & Patras, Y. E. (2020). Kepuasan Kerja Guru dan Peran Kepemimpinan Pendidikan: Survei Guru Di Bogor Dan Sekitarnya. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(1). https://doi.org/10.26877/jmp.v9i1.6835
Ilyasir, F. (2016). Kepuasan Kerja Kepuasan Kerja dan Dampaknya Terhadap Profesionalisme Guru. LITERASI Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 143–152.
Maharani, s. (2019, March 6). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Ideal. https://doi.org/10.31227/osf.io/db78w
Mukhtar. (2017). Kepuasan Kerja Guru. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan.
Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 1(1), 283-286.
Noor, J. (2013). Penelitian Ilmu Manajemen: Tinjauan Filosofis dan Praktis. Jakarta: Kencana.
Rahman, D., & Akbar, A. R. (2021). Problematika yang Dihadapi Lembaga Pendidikan Islam sebagai Tantangan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 1(1), 76–89.
Rizkita, K., & Supriyanto, A. (2020). Komparasi kepemimpinan pendidikan di Indonesia dan Malaysia dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 155–164. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.32362
Ruvendi, R. (2018). Imbalan Dan Gaya Kepemimpinan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Balai Besar Industri Hasil Pertanian Bogor. Jurnal Ilmiah Binaniaga, 1(01), 17. https://doi.org/10.33062/jib.v1i01.146
Sonedi. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru. Pendidikan, Pedagogik Jurnal, 11(2), 134–145.
Syafrida. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Manajer Pendidikan, 9(5), 679–685. https://doi.org/10.21009/jmp.08117
Syamsudduha, S., Yunus, A. R., & Rahman, D. (2020). Tinjauan Riset Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar (Analisis Kecenderungan dan Bidang Kajian Penelitian Mahasiswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 273. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.17731
Tambunan, T. S. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Garaha Ilmu.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.