PENGARUH MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DAN PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstrak
Artikel ini membahas tentang pengaruh manajemen tenaga pendidik dan pengelolaan sumber belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada SMA Negeri di Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan jenis field research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 51 orang tenaga pendidik dan 436 orang peserta didik. Sampel ditentukan secara random sebanyak 65 peserta didik dan 51 orang tenaga pendidik yang diambil semua jumlahnya terbilang kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan hasilnya dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial melalui bantuan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) manajemen tenaga pendidik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan persamaan regresi Y= 55,437+0,353X; 2) pengelolaan sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan persamaan regresi Y= 46,209+0,617X; dan 3) manajemen tenaga pendidik dan pengelolaan sumber belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar peserta didik dan tingkat pengaruh sebesar 22%. Oleh karena itu, hasil belajar peserta didik pada SMA Negeri di Kecamatan Sinjai Barat dapat ditentukan oleh baik buruknya manajemen tenaga pendidik dan pengelolaan sumber belajar yang dilakukan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aliyas, R., Ismail, M. I., & Maulana, A. (2019). Pengaruh Pengelolaan Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Islamic Education Management, 5(1), 46–60.
Assyauqi, Y., & Suarga. (2018). Motivasi Guru dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 168–179.
Bahri, S., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019a). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019b). Hubungan antara Iklim dan Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Manajemen Pendidikan, 14(1), 60–72. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i1.8357
Ishak, B., & Suarga. (2009). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Makassar: Alauddin University Press.
Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Biology Education, 1(1), 66–73. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.379
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum. Bandung: Rama Widya.
Marpaung, N. N. (2021). Pengaruh Manajemen Tenaga Pendidik Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SD Harapan Indonesia Kota Bekasi. Parameter, 6(1), 12–23. https://doi.org/10.37751/parameter.v6i1.158
Mulyasa, E. (2017). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Prenada Media Group.
Permadi, D. (2016). Kepemimpinan Transformasi Kepala Sekolah dan Komite Sekolah. Bandung: Sarana Karya Nusa.
Putra, M. R. E., Prananosa, A. G., & Marianita. (2018). Manajemen Tenaga Pendidik SDIT Mutiara Cendekia Lubuklinggau. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 1(1), 38–47.
Rahman, D. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 9–14.
Rohani, A., & Ahmadi, A. (2008). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Suarga. (2019). Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Epidemiology, 3(1), 1. https://doi.org/10.1097/01.ede.0000417167.61785.27
Sujarwo, Santi, F. U., & Tristanti. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Masyarakat. Yogyakarta: {t.p}.
Syamsudduha, S., Yunus, A. R., & Rahman, D. (2020). Tinjauan Riset Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar (Analisis Kecenderungan dan Bidang Kajian Penelitian Mahasiswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 273. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.17731
Trianto. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.