PENGARUH MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DAN PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Sriwahyuni Sahabuddin Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Yaumi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Erwin Hafid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Manajemen Tenaga Pendidik, Pengelolaan Sumber Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Artikel ini membahas tentang pengaruh manajemen tenaga pendidik dan pengelolaan sumber belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada SMA Negeri di Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan jenis field research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 51 orang tenaga pendidik dan 436 orang peserta didik. Sampel ditentukan secara random sebanyak 65 peserta didik dan 51 orang tenaga pendidik yang diambil semua jumlahnya terbilang kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan hasilnya dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial melalui bantuan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) manajemen tenaga pendidik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan persamaan regresi Y= 55,437+0,353X; 2) pengelolaan sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan persamaan regresi Y= 46,209+0,617X; dan 3) manajemen tenaga pendidik dan pengelolaan sumber belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar peserta didik dan tingkat pengaruh sebesar 22%. Oleh karena itu, hasil belajar peserta didik pada SMA Negeri di Kecamatan Sinjai Barat dapat ditentukan oleh baik buruknya manajemen tenaga pendidik dan pengelolaan sumber belajar yang dilakukan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aliyas, R., Ismail, M. I., & Maulana, A. (2019). Pengaruh Pengelolaan Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Islamic Education Management, 5(1), 46–60.

Assyauqi, Y., & Suarga. (2018). Motivasi Guru dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 168–179.

Bahri, S., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019a). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12

Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019b). Hubungan antara Iklim dan Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Manajemen Pendidikan, 14(1), 60–72. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i1.8357

Ishak, B., & Suarga. (2009). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Makassar: Alauddin University Press.

Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Biology Education, 1(1), 66–73. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.379

Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum. Bandung: Rama Widya.

Marpaung, N. N. (2021). Pengaruh Manajemen Tenaga Pendidik Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SD Harapan Indonesia Kota Bekasi. Parameter, 6(1), 12–23. https://doi.org/10.37751/parameter.v6i1.158

Mulyasa, E. (2017). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Prenada Media Group.

Permadi, D. (2016). Kepemimpinan Transformasi Kepala Sekolah dan Komite Sekolah. Bandung: Sarana Karya Nusa.

Putra, M. R. E., Prananosa, A. G., & Marianita. (2018). Manajemen Tenaga Pendidik SDIT Mutiara Cendekia Lubuklinggau. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 1(1), 38–47.

Rahman, D. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 9–14.

Rohani, A., & Ahmadi, A. (2008). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suarga. (2019). Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Epidemiology, 3(1), 1. https://doi.org/10.1097/01.ede.0000417167.61785.27

Sujarwo, Santi, F. U., & Tristanti. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Masyarakat. Yogyakarta: {t.p}.

Syamsudduha, S., Yunus, A. R., & Rahman, D. (2020). Tinjauan Riset Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar (Analisis Kecenderungan dan Bidang Kajian Penelitian Mahasiswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 273. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.17731

Trianto. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Diterbitkan
2022-06-09
Bagian
Vol 6 No 1
Abstrak viewed = 306 times