MANAJEMEN PENGENDALIAN MUTU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) CENDEKIA KOTA MADIUN
Abstrak
Penelitian yang peneliti lakukan mencoba meningkatkan manajemen pengendalian, guna menggambarkan sebuah kualitas lembaga pendidikan di SMK Cendekia Madiun, kemudian untuk menganalisis pengendalian sebuah mutu sekolah untuk menjaga kualitas pendidikan sesuai rencana yang telah ditentukan dan dituliskan di SMK Cendekia Madiun. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan ethologi kemanusiaan atau human ethology yaitu kualitatif yang bertujuan mempelajari kondisinya yang alamiah. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah 3 jabatan informan, kepala sekolah, pengawas manajerial, guru. Pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Riset ini memakai analisis triangulasi sumber sebagai uji validitas. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengendalian mutu meliputi: penentuan rencana pendidikan berupa menyusun visi, misi dan tujuan serta RKAS. Kedua, pengukuran performa nyata lembaga Pendidikan diantaranya kurikulum, penentuan lingkungan dan budaya, pengendalian kesiswaan, perencanaan sarpras yang matang, kepemimpinan yang efektif serta pemberian teladan yang baik kepada guru maupun siswa. Ketiga, pengawasan dan evaluasi lembaga pendidikan secara objektif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Das, H., Wardah, S., & Halik, A. (2018). Implementasi Manajemen Pengendalian Mutu di Sekolah. Global RCI.
Erwin, Usman, S., & Ibrahim, M. M. (2020). Implementasi Tugas Pokok dan Fungsi Pengawas Madrasah dalam Peningkatan Mutu Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 256. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.15106
Habibi, M. R. (2020). Manajemen Pengendalian Mutu di Sekolah Dasar Negeri Surabaya Barabali, Lombok Tengah. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o
Herawan, E. (2011). Pengendalian Mutu Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1), 4. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v13i1.6384
Indraswati, D., & Widodo, A. (2021). Implementasi Manajemen Pengendalian Mutu Di Sekolah. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(2), 104–113. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n2.p104-113
Jamali, Y. (2016). Konsep Pengendalian Mutu Pendidikan. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 304–318. http://repo.iainsasbabel.ac.id/omeka/files/original/ad18182b1e426010f9d6e0a896cc21b2.pdf
Kristina, M., Sari, R. N., & Puastuti, D. (2021). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Alam Al Karim Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 347–355. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24376
Kurniawan, D., & Mashita, R. (2020). Jurnal Kualitatif untuk Ilmu Perilaku. Jurnal Kualitatif Untuk Ilmu Perilaku, 1(2), 01–74.
Meirawan, D. (2010). Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan sebagai. Educationist, IV(2), 126–137.
Nurhayati, Siraj, A., & Yaumi, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Supervisi dan Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 60–76. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.14057
Puteri, D. D. Y., & Prihantini. (2020). Rumusan Visi Misi dan Konsistensinya Terhadap Kultur Sekolah. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(02), 11–18. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/273
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. PT Grasindo. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & BK, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 239. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16740
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kombinasi (Mix Methods). CV. Alfabeta.
Sukmandita, N. S. (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. PT Refika Aditama.
Sumiati, A. A. (2021). Pengendalian Mutu Pendidikan: Konsep Dan Aplikasi. IQRA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Wahono, T., Astuti, E. P., Ruliansyah, A., Ipa, M., & Riandi, M. U. (2021). Studi Kualitatif Implementasi Kebijakan Eliminasi Malaria di Wilayah Endemis Rendah Kabupaten Pangandaran dan Pandeglang. ASPIRATOR - Jurnal Penyakit Tular Vektor, 13(1), 55–68. https://doi.org/10.22435/asp.v13i1.4683
Widiansyah, A. (2019). Pengendalian Mutu : Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Optimalisasi Fungsi Pengendalian Dalam Dunia Pendidikan. Cakrawala, 19(1), 21–26. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jc.v19i1.4916
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.