MANAJEMEN PENGENDALIAN MUTU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) CENDEKIA KOTA MADIUN

  • Sedya Santosa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Ahmad Mushthofa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
Kata Kunci: Manajemen, Pengendalian, Mutu Sekolah

Abstrak

Penelitian yang peneliti lakukan mencoba meningkatkan manajemen pengendalian, guna menggambarkan sebuah kualitas lembaga pendidikan di SMK Cendekia Madiun, kemudian untuk menganalisis pengendalian sebuah mutu sekolah untuk menjaga kualitas pendidikan sesuai rencana yang telah ditentukan dan dituliskan di SMK Cendekia Madiun. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan ethologi kemanusiaan atau human ethology yaitu kualitatif yang bertujuan mempelajari kondisinya yang alamiah. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah 3 jabatan informan, kepala sekolah, pengawas manajerial, guru. Pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Riset ini memakai analisis triangulasi sumber sebagai uji validitas. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengendalian mutu meliputi: penentuan rencana pendidikan berupa menyusun visi, misi dan tujuan serta RKAS. Kedua, pengukuran performa nyata lembaga Pendidikan diantaranya kurikulum, penentuan lingkungan dan budaya, pengendalian kesiswaan, perencanaan sarpras yang matang, kepemimpinan yang efektif serta pemberian teladan yang baik kepada guru maupun siswa. Ketiga, pengawasan dan evaluasi lembaga pendidikan secara objektif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Das, H., Wardah, S., & Halik, A. (2018). Implementasi Manajemen Pengendalian Mutu di Sekolah. Global RCI.

Erwin, Usman, S., & Ibrahim, M. M. (2020). Implementasi Tugas Pokok dan Fungsi Pengawas Madrasah dalam Peningkatan Mutu Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 256. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.15106

Habibi, M. R. (2020). Manajemen Pengendalian Mutu di Sekolah Dasar Negeri Surabaya Barabali, Lombok Tengah. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o

Herawan, E. (2011). Pengendalian Mutu Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1), 4. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v13i1.6384

Indraswati, D., & Widodo, A. (2021). Implementasi Manajemen Pengendalian Mutu Di Sekolah. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(2), 104–113. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n2.p104-113

Jamali, Y. (2016). Konsep Pengendalian Mutu Pendidikan. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 304–318. http://repo.iainsasbabel.ac.id/omeka/files/original/ad18182b1e426010f9d6e0a896cc21b2.pdf

Kristina, M., Sari, R. N., & Puastuti, D. (2021). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Alam Al Karim Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 347–355. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24376

Kurniawan, D., & Mashita, R. (2020). Jurnal Kualitatif untuk Ilmu Perilaku. Jurnal Kualitatif Untuk Ilmu Perilaku, 1(2), 01–74.

Meirawan, D. (2010). Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan sebagai. Educationist, IV(2), 126–137.

Nurhayati, Siraj, A., & Yaumi, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Supervisi dan Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 60–76. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.14057

Puteri, D. D. Y., & Prihantini. (2020). Rumusan Visi Misi dan Konsistensinya Terhadap Kultur Sekolah. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(02), 11–18. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/273

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. PT Grasindo. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & BK, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 239. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16740

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kombinasi (Mix Methods). CV. Alfabeta.

Sukmandita, N. S. (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. PT Refika Aditama.

Sumiati, A. A. (2021). Pengendalian Mutu Pendidikan: Konsep Dan Aplikasi. IQRA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481

Wahono, T., Astuti, E. P., Ruliansyah, A., Ipa, M., & Riandi, M. U. (2021). Studi Kualitatif Implementasi Kebijakan Eliminasi Malaria di Wilayah Endemis Rendah Kabupaten Pangandaran dan Pandeglang. ASPIRATOR - Jurnal Penyakit Tular Vektor, 13(1), 55–68. https://doi.org/10.22435/asp.v13i1.4683

Widiansyah, A. (2019). Pengendalian Mutu : Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Optimalisasi Fungsi Pengendalian Dalam Dunia Pendidikan. Cakrawala, 19(1), 21–26. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jc.v19i1.4916

Diterbitkan
2022-06-24
Bagian
Vol 6 No 1
Abstrak viewed = 449 times