MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN

(Analisis Investasi Pendidikan)

  • Yuspiani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassarr
    (ID)
  • M. Hidayat Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
    (ID)
Kata Kunci: Manajemen Keuangan, Present Value, Investasi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji manajemen keuangan pendidikan sudut pandang kritik khususnya yang berkaitan dengan seberapa besar analisis manfaat biaya pendidikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan investasi. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan library research, dari data yang telah dikumpulkan dan dianalisis maka hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan yang berkualitas itu mahal. Mahalnya biaya pendidikan mengharuskan adanya pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien sehingga dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan investasi. Keputusan investasi yang diambil menandakan bahwa biaya pendidikan yang dikeluarkan memiliki manfaat. Analisis manfaat biaya pendidikan direpresentasikan dalam bentuk rasio antara present value dari biaya dengan present value dari manfaat yang akan didapatkan pada masa yang akan datang. Mahalnya biaya pendidikan mengindikasikan adanya privatisasi di bidang pendidikan yang mengakibatkan lembaga pendidikan memiliki otonomi untuk menentukan sendiri biaya penyelenggaraan pendidikan, untuk itu sebagian orang tua peserta didik perlu memahami analisis manfaat biaya pendidikan sebelum mengambil kebijakan investasi disektor pendidikan untuk masa depan buah hati.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aflaha, A., Purbaya, D., Juheri, D., & Barlian, U. C. (2021). Analisis Standar Pembiayaan Pendidikan. MASILE, 1(1), 24–59. di akses pada tanggal 10 Januari 2022 dari http://junal.staima.ac.id/index.php/masile/article/view/27

Agustang, A., Mutiara, I. A., & Asrifan, A. (2021). Masalah Pendidikan di Indonesia. OSF Preprints, 0–19. di akses pada tanggal 15 Februari dari https://doi.org/10.31219/osf.io/9xs4h

Arwildayanto, nina lamatenggo, W. tune sumar. (2017). Keuangan, Manajemen Pendidikan, Pembiayaan (Ujang Kuswandi, Ed.). Bandung: Widya Padjadjaran.

BPS. (2022). Persentase Penduduk Buta Huruf Menurut Kelompok Umur, 2011-2019. Website resmi Badan Pusat Statistik di akses pada tanggal 7 Januari 2022 dari https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1056

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. In T. E. S. Empat (Ed.), 2010 (11th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Diana, P. (2019). Efektivitas dan Efisiensi dalam Pembiayaan Pendidikan. Universitas Negeri Padang di akses pada tanggal 18 Desember 2021 dari https://osf.io/preprints/inarxiv/6cbne/download

Dwi Atmanti, H. (2005). Investasi Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan. Jurnal Dinamika Pembangunan (JDP), 2(Nomor 1), 30–39. di akses pada tanggal 13 Februari 2022 dari http://eprints.undip.ac.id/16864

Fattah, N. (2008). Pembiayaan Pendidikan: Landasan Teori dan Studi Empiris. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(April), 417–436. di akses pada tanggal 31 Desember 2021 dari https://www.academia.edu/download/54535380/Pembiayaan_Pendidikan_Landasan_Teori_dan_Studi_Empiris.pdf

Ferdi, W. P. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4), 565–578. di akses pada tanggal 19 Januari 2022 dari https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.310

Fironika K, R. (2016). Pembiayaan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8, 161–167. di akses pada tanggal 18 Januari 2022 dari http://dx.doi.org/10.30659/pendas.2.1.43-64

Fontanella, A., Sukartini, N. C., & Meuthia, R. F. (2013). Perhitungan Tarif Biaya Satuan (Unit Cost) Penyelenggaraan Pendidikan pada Politeknik Negeri Padang. Prosiding Simposium Nasional Akuntansi Vokasi Ke, 2, 69, 1689-1699 dari https://scholar.google.com/ .

Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58. di akses pada tanggal 15 Februari 2022 dari https://media.neliti.com/media/publications/210331-analisis-permasalahan-guru-terkait-peran.pdf

Iskandar, J. (2019). Implementasi Sistem Manajemen Keuangan Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 114–123. di akses pada tanggal 21 Maret 2022 dari https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/8133

Kelly, T. P. M. F. (2020). Pembiayaan dalam Pendidikan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–6. di akses pada tanggal 18 Januari 2022 dari https://doi.org/10.1002/j.0022-0337.1981.45.4.tb01452.x

Mulyono. (2010). Konsep Pembiayaan Pendidikan (Cetakan II; R. Kusumaningrate, Ed.). Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Musayyidi, M. (2020). Menyoal Komersialisasi Pendidikan di Indonesia. Jurnal Kariman, 8(1), 125–140. di akses pada tanggal 16 Februari 2022 dari https://doi.org/10.52185/kariman.v8i1.134

Najihah, I., & Muhammad, S. H. (2021). Konsep Manajemen Keuangan dalam Lembaga Pendidikan Islam Perspektif al Qur’an dan Hadis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 223–239. di akses pada tanggal 21 Maret 2022 dari https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.21616

Nurkhasanah, N. (2018). Cost Benefit Analysis dalam Pendidikan. di akses pada tanggal 23 Januari 2022 dari http://novanurkhasanah4.blogspot.com/2018/04/cost-benefit-analysis-dalam-pendidikan.html

Ping, T. (2021). Model Pembiayaan Pendidikan di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 107–119. di akses pada tanggal 25 Januari 2022 dari http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/17

Roberts, R., & Brown, E. H. P. (1963). The Economics of Labor. Southern Economic Journal, 30(2), 183. di akses pada tanggal 14 Februari 2022 dari https://doi.org/10.2307/1055968

Supit, M., Rawis, J. A. M., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. J. (2021). Analisis Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 87–107. di akses pada tanggal 15 Februari 2022 https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i2.68

Syauqi, A. (2009). Analisa implementasi Pasal 31 Ayat 4 UUD 1945 tentang Pemenuhan Anggaran Pendidikan 20 Persen. Universitas Gadjah Mada. di akses pada tanggal 22 November 2021 dari http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/41110

Todaro, M., & Smith, S. C. (2011). Economic Development. in Economic Development (11th ed.; D. Battista, Ed.). Amerika Serikat: Pearson UK.

Wicaksono, T. Y. (2004). Besarkah Manfaat Pendidikan Tinggi terhadap Pembangunan Ekonomi? CSIS. di akses pada tanggal 14 Februari 2022 dari Http://Www. Csis. or. Id/Scholars_opinion. Asp.

Diterbitkan
2022-06-11
Bagian
Vol 6 No 1
Abstrak viewed = 2614 times