KEPEMIMPINAN KIAI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN
Studi Kasus Pondok Pesantren Harisul Khairaat Bumi Hijrah Kota Tidore dan Kepuluan Provinsi Maluku Utara
Abstrak
Abstrak: Kepemimpinan kiai dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Studi Kasus Pondok Pesantren Harisul Khairaat Bumi Hijrah Kota Tidore dan Kepuluan Provinsi Maluku Utara
Penelitian ini akan menjawab permasalahan tentang gaya kepemimpinan KIAI dan implikasinya terhadap peningkatan kualitas pendidikan studi kasus di Pondok Pesantren Harisul Khairaat Bumi Hijrah Tidore dan Kepulauan Provinsi Maluku Utara. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwasanya: 1) gaya kepempinan KH An’aim Fatahna Djabir yang dijalankan adalah kepemimpinan karismatik; 2) strategi kepemimpinan KH An’aim Fatahna Djabir adalah peningakatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan santri melalui peningkatan kompetensi serta mengikutkan santri pada lomba nasional dan lokal, serta peningkatan sarana dan prasarana, dan kinerja berbasis penguatan visi, misi, dan sasaran. Adapun implikasi kepemimpinan KH An’aim Fatahna Djabir adalah kiai selaku pengasuh melibatkan banyak orang, seorang pemimpin yang efektif adalah seorang yang mampu mempengaruhi pengikutnya mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran, kepemimpinan harus menjadi suri tauladan, memberikan kemudahan bagi guru yang hendak berkarya, menciptakan suasana kerja yang nyaman dan membangun ketaatan Santri.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
al-Ghazali. (1988). Al-Tibr al-Masbuk fi Nashihat al-Muluk. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Andy. (2020). Strategi Dakwah Melalui Lembaga Pendidikan Islam di Pondok Pesantren An Anahdlah Makassar. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 16 No. 2, 245–264. http://almishbahjurnal.com/index.php/al-mishbah/article/view/198
Andy. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Harisul Khairaat Bumi Hijrah Tidore Provinsi Maluku Utara. Jurnal Ilmiah Iqra’, 15(1), 141–157. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/1504/0
Juliadarma, M. (2021). Studi Komparatif Manajemen Pendidikan Islam dan Manajemen Penddikan Barat. … : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan …, 4(1). http://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/155
Musdalifah, M., Siraj, A., & Marjuni, M. (2020). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di Sma Negeri 1 Barru Kabupaten Barru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 143. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.15653
Nawawi, H. (1993). Kepemimpinan Menurut Islam. Yogyakarta: Gajah Mada Universiti Press.
Purwanggono, C. J. (2020). Buku Ajar Kepemimpinan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim.
Risalatul Hasanah dan Mohammad Kosim. (2016). Analisis Gaya Kepemimpinan Kharismatik Dalam Memelihara Nilai-Nilai Tradisi Kepesantrenan Tradisional Di Pondok Pesantren Nurul Huda Kamundung Sampang. Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, 4(April), 5–24.
Setiawan, R. (2014). Hubungan Kepemimpinan Karismatik, Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional dengan Kinerja Bawahan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3, 198–205.
Sola, E. (2020). Kepemimpinan Pendidikan dan Essential Traits. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, IV(2), 267–272.
Syamsul, H. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Di Sma Negeri 1 Kampar Timur. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, I(2), 275–289.
Weber, M. (2006). Etika Protestan dan Spriit Kapitalisme. Yogyakarta Pustaka Pelajar.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.