KEPEMIMPINAN KIAI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

Studi Kasus Pondok Pesantren Harisul Khairaat Bumi Hijrah Kota Tidore dan Kepuluan Provinsi Maluku Utara

  • Andy Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate
    (ID)
Kata Kunci: Kepemimpinan Kiai, Pondok Pesantren, Kualitas Pendidikan

Abstrak

Abstrak: Kepemimpinan kiai dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Studi Kasus Pondok Pesantren Harisul Khairaat Bumi Hijrah Kota Tidore dan Kepuluan Provinsi Maluku Utara

Penelitian ini akan menjawab permasalahan tentang gaya kepemimpinan KIAI dan implikasinya terhadap peningkatan kualitas pendidikan studi kasus di Pondok Pesantren Harisul Khairaat Bumi Hijrah Tidore dan Kepulauan Provinsi Maluku Utara. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwasanya: 1) gaya kepempinan KH An’aim Fatahna Djabir yang dijalankan adalah kepemimpinan karismatik; 2) strategi kepemimpinan KH An’aim Fatahna Djabir adalah peningakatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan santri melalui peningkatan kompetensi serta mengikutkan santri pada lomba nasional dan lokal, serta peningkatan sarana dan prasarana, dan kinerja berbasis penguatan visi, misi, dan sasaran. Adapun implikasi kepemimpinan KH An’aim Fatahna Djabir adalah kiai selaku pengasuh melibatkan banyak orang, seorang pemimpin yang efektif adalah seorang yang mampu mempengaruhi pengikutnya mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran, kepemimpinan harus menjadi suri tauladan, memberikan kemudahan bagi guru yang hendak berkarya, menciptakan suasana kerja yang nyaman dan membangun ketaatan Santri.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

al-Ghazali. (1988). Al-Tibr al-Masbuk fi Nashihat al-Muluk. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Andy. (2020). Strategi Dakwah Melalui Lembaga Pendidikan Islam di Pondok Pesantren An Anahdlah Makassar. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 16 No. 2, 245–264. http://almishbahjurnal.com/index.php/al-mishbah/article/view/198

Andy. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Harisul Khairaat Bumi Hijrah Tidore Provinsi Maluku Utara. Jurnal Ilmiah Iqra’, 15(1), 141–157. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/1504/0

Juliadarma, M. (2021). Studi Komparatif Manajemen Pendidikan Islam dan Manajemen Penddikan Barat. … : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan …, 4(1). http://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/155

Musdalifah, M., Siraj, A., & Marjuni, M. (2020). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di Sma Negeri 1 Barru Kabupaten Barru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 143. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.15653

Nawawi, H. (1993). Kepemimpinan Menurut Islam. Yogyakarta: Gajah Mada Universiti Press.

Purwanggono, C. J. (2020). Buku Ajar Kepemimpinan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim.

Risalatul Hasanah dan Mohammad Kosim. (2016). Analisis Gaya Kepemimpinan Kharismatik Dalam Memelihara Nilai-Nilai Tradisi Kepesantrenan Tradisional Di Pondok Pesantren Nurul Huda Kamundung Sampang. Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, 4(April), 5–24.

Setiawan, R. (2014). Hubungan Kepemimpinan Karismatik, Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional dengan Kinerja Bawahan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3, 198–205.

Sola, E. (2020). Kepemimpinan Pendidikan dan Essential Traits. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, IV(2), 267–272.

Syamsul, H. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Di Sma Negeri 1 Kampar Timur. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, I(2), 275–289.

Weber, M. (2006). Etika Protestan dan Spriit Kapitalisme. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Diterbitkan
2022-06-09
Bagian
Vol 6 No 1
Abstrak viewed = 261 times